Kandungan dan Manfaat Kopi

4
Diposkan oleh Adi Wijaya , in , ,

Khasiat dan Manfaat Kopi - Kalo lagi ujan or cuacanya lagi dingin apa yang anda lakukan ? mungkin anda akan mencari sesuatu yang bisa menghangatkan badan bukan ? nah biasanya cara jitunya ialah dengan makan atau minum yang hangat - hangat,, dan kebanyakan se.. lebih suka minum secangkir kopi atau teh manis dan di tembah dengan beberapa camilan. Pasti rasa dingin pada badan akan menjadi lebih hangat. Kopi bagi orang Indonesia sudah menjadi hal biasa, dan banyak juga orang yang  tidak bisa sehari tanpa kopi or teh karena telah menjadi kebiasaan bagi mereka. Kopi selain dapat menghangatkan badan ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Apalagi kopi juga terkenal untuk menghilangkan rasa kantuk. Kopi tidak hanya trend di Indonesia saja. Tapi menjadi trend di seluruh dunia. Apalagi di negara yang mempunyai musim dingin. Bahkan dahulu orang eropa menjelajah ke seluruh dunia hanya untuk mencari rempah – rempah dan kopi tentunya. Dan tak jarang orang rela mengeluarkan uang jutaan hanya demi ingin merasakan kenikmatan kopi. Walaupun kopi memiliki banyak khasiat, kopi juga tidak baik jika di konsumsi secara berlebih.


Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini. Kopi memiliki kandungan kafein di dalamnya dan jika di konsumsi dalam jumlah yang besar akan berdampak buruk terhadap kesehatan. Maka kita harus bijak dalam mengkonsumsinya.

Jenis – jenis Kopi

1. Kopi arabika (arabica coffee)


Kopi yang berasal dari Brasil dan Etiopia ini menguasai 70 persen pasar kopi dunia. Kopi arabika memiliki banyak varietas, tergantung negara, iklim, dan tanah tempat kopi ditanam. Anda bisa menemukan kopi toraja, mandailing, kolumbia, brasilia, dan lain sebagainya. Antara kopi arabika yang satu dan yang lain punya perbedaan rasa.

Berikut ciri-ciri kopi arabika:
  • Aromanya wangi sedap mirip percampuran bunga dan buah. Hidup di daerah yang sejuk dan dingin.
  • Memiliki rasa asam yang tidak dimiliki oleh kopi jenis robusta.
  • Memiliki bodi atau rasa kental saat disesap di mulut.
  • Rasa kopi arabika lebih mild atau halus.
  • Kopi arabika juga terkenal pahit.

2. Kopi robusta


Menguasai 30 persen pasar dunia. Kopi ini tersebar di luar Kolumbia, seperti di Indonesia dan Filipina. Sama seperti arabika, kondisi tanah, iklim, dan proses pengemasan kopi ini akan berbeda untuk setiap negara dan menghasilkan rasa yang sedikit banyak juga berbeda.

Ciri-ciri kopi robusta:
  • Memiliki rasa yang lebih seperti cokelat.
  • Bau yang dihasilkan khas dan manis.
  • Warnanya bervariasi sesuai dengan cara pengolahan.
  • Memiliki tekstur yang lebih kasar dari arabika.

3. Kopi ekselsa, racemosa, dan liberica (african coffee)
Merupakan jenis kopi yang berada di antara arabika dan robusta. Kopi tersebut saat ini masih dalam tahap pengembangan.

4. Kopi luwak


Merupakan kopi yang berasal dari biji kopi arabika atau robusta yang dimakan oleh luwak. Luwak akan menelan buah kopi (berwarna merah) dan memprosesnya dengan enzim yang ada di perutnya. Biji dari buah kopi itu lalu terbuang bersama kotorannya.

''Biji inilah yang dinamakan kopi luwak. Kita masih meneliti enzim yang ada di perut luwak yang membuat kopi ini jadi lebih sedap,'' tutur dr Surip kepada Kompas Female. Dari semua jenis kopi, hanya kopi luak yang memilki aroma dan rasa yang paling nikmat. Ini disebabkan karena kopi luak telah megalami fermentasi di dalam perut luak.

Manfaat Kopi

1. Mencegah batu ginjal
Banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui manfaat kopi dan ternyata kopi dapat mencegah batu ginjal hal ini dikarenakan adanya stimulan sehingga bersifat diuretik alami yang dapat mempercepat pembentukan urin. Ya tapi efeknya jika anda keseringan minum kopi ada akan lebih sering ke kamar mandi alias beser..

2. Melawan diabetes
Berdasarkan penelitian di Amerika yaitu American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa kopi dapat menurunkan diabetes tipe-2 menurutnya kandungan zat yang terdapat pada kopi dapat membantu mengatur kadar glukosa dalam darah. Namun perlu di ingat juga bahwa dalam mengkonsumsi kopi jangan terlalu banyak menggunakan gula karena sama saja bohong. Gula yang berlebih akan mengurangi khasiat kopi untuk melawan diabetes.

3. Membantu pernafasan
Bagi anda yang sering sesak nafas sebaiknya coba konsumsi kopi setiap harinya sebab kandungan kopi yang disebut kafein telah diteliti dapat memperkuat kerja tonus yaitu otot paru-paru yang membantu pernafasan sehingga dengan mengkonsumsi kopi dapat melancarkan pernafasan. Sebaiknya bagi anda yang mengkonsumsi rokok baik aktif maupun pasif sebaiknya konsumsi pula kopi setiap harinya untuk membantu kinerja otot paru-paru anda. Tapi ingat bagi anda yang menderita sama sebaiknya jangan langsung mengganti obat anda dengan kopi tersebut sebab kopi bukan obat ajaib.

4. Mencegah kanker payudara
Karena kopi dapat melepaskan phytoestrogen dan flavonoid yaitu merupakan penahan pertumbuhan tumor/kanker sehingga diketahui bahwa kopi dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit kanker payudara.

5. Mengurangi resiko stroke
Dalam studi juga diketahui bahwa kopi juga dapat bermanfaat untuk mengurangi terkenanya penyakit stroke walaupun orang tersebut diketahui beresiko terkena stroke. Sebuah studi atas lebih dari 83 ribu wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama. Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Prancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.

Nah,, itulah beberapa penjabaran mengenai kopi, begitu banyak manfaat dari kopi. Tapi hendaknya jangan terlalu berlebihan pula dalam mengkonsumsi kopi karena akan berdampak buruk pula terhadap kesehatan. Sebab sesuatu yang dikonsumsi secara berlebih tidak dianjurkan. Semoga bisa menambah wawasan.






Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

4 komentar:

OrbitTechnology ,YugoPrasetyo

mw nanya nih, kalo mencegah ngantuk itu bener gk sih.

Pertapa Mania

Kalo lagi diet mendingan coba minum Kopi Tanpa Gula secara rutin. Metabolisme tubuh anda akan meningkat dan dampaknya tubuh anda akan membakar lemak dengan lebih cepat.

Yudi Apriyatmoko

nice info gan..,

gilang

klo boleh kasih saran , tambah referensinya juga gan biar tambah mantap ,.

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.