Kandungan dan Manfaat Anggur

Kandungan dan Manfaat Buah Anggur -
Anggur merupakan buah dengan ciri berbentuk bulat agak lonjong  berukuran kecil seperti kelereng namun ada juga yang ukurannya agak besar, buah ini umumnya berwarna hijau, merah kehitaman / ungu, hitam, dan biru kehitaman. Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Anggur sudah dibudidayakan sejak 4000 SM di Timur Tengah. Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Anggur umumnya dapat di konsumsi langsung atau dapat di olah lagi menjadi sesuatu yang lain. Seperti kismis, jus, campuran untuk membuat kue, bahkan kerap kali anggur di fermentasi menjadi alkohol. Tapi taukan anda bahwa sebenarnya anggur memilki banyak kandungan dan manfaaat. Adapun kandungan di dalam anggur ialah..


Kandungan Buah Anggur

Menurut USDA nutrient database, setiap 100 gram (3,5 oz) anggur hijau atau anggur ungu mengandung karbohidrat (18,1 gram), gula (15,48 gram), serat makanan (0,9 gram), lemak (0,16 gram), protein (0,72 gram); vitamin B1 (0,069 mg), B2 (0,07 mg), B3 (0,188 mg), B5 (0,05 mg), B6 (0,086 mg), B9 (2 μg), C (10,8 mg), E (0,19 mg), K (22 μg); fosfor (20 mg), kalium (191 mg), kalsium (10 mg), magnesium (7 mg), mangan (0,071 mg), natrium (3,02 mg), seng (0,07 mg), zat besi (0,36 mg), turunan stilbene, trans-Resveratrol (trans-3,5,40-trihydroxystilbene).

Biji anggur mengandung flavonoid (4-5%), termasuk kaempferol-3-O-glucosides, quercetin-3-Oglucosides, quercetin, dan myricetin. Flavonoid merupakan senyawa fitokimia pemberi warna ungu pada anggur.

Anggur juga kaya polifenol. Sekitar 60–70% polifenol anggur ditemukan di bijinya. Polifenol biji anggur merupakan derivatives (turunan) flavan-3-ol. Komponen utamanya adalah (+)-catechins, (−)-epicatechin,(−)-epicatechin-3-O-gallate, procyanidins dimers (B1-B5), procyanidin C1, dan procyanidin B5-3′-gallate. Termasuk juga procyanidins atau proanthocyanidins yang sebagian besar heksamer.

Anggur juga kaya akan anthocyanin, 3-glucosides, 3-acetylglucosides, 3-coumaroylglucosides, 3-caffeoylglucosides, 3,5-diglucosides, 3-acetyl-5-diglucosides, 3-coumaroyl-5-diglucosides, dan 3-caffeoyl-5-diglucosides of cyanidin, delphinidin, peonidin, petunidin, dan malvidin.

 Manfaat Buah Anggur 

Adapun beberapa khasiat buah anggur untuk kesehatan antara lain :

1. Asma
Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak nafas.

2. Antibakteri
Anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.

3. Alzheimer
Penelitian menunjukan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menghindari dari penyakit Alzheimer. Hal ini dikarenakan anggur mengandung resveratol, yakni sebuah polifenol yang mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer.

4. Kanker payudara

Penelitian juga menunjukkan bahwa jus anggur yang berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara.

5. Sembelit
Anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Manfaat ini sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit atau susah buang air besar.

6. Kelelahan
Jus anggur mengandung energi instan. Jus anggur yang kaya akan zat besi dapat mengurangi kelelahan diimbangi dengan istirahat yang cukup.

7. Penyakit jantung

Tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika Anda mengonsumsi buah anggur, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.

8. Pencernaan
Bila Anda menderita gangguan pencernaan, ada baiknya Anda mengonsumsi anggur. Anggur juga baik untuk mengatasi masalah perut lainnya.

9. Migrain
Minum jus anggur murni tanpa campuran air di setiap pagi dapat menyembuhkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah.

10. Gangguan ginjal
Anggur dapat membantu menyingkirkan asam pada ginjal. Hal ini berarti mengurangi gangguan pada tekanan ginjal.

Terimakasih Telah membaca. jika ada yang ingin di tanyakan, silahkan komentar di bawah ini ..





16 komentar:

OrbitPedia & Technology said...

wah gan banyak juga ya mnfaatnya..

Inforpadu said...

wah,, ajib bangetzzz,,, ijin copass gan,,, kunjungi dan follow http://inforpadu.blogspot.com/

thanks....

wedding said...

waaa..baru tahu nih, thanks yah buat info menariknya... :)

beauty said...

waa..baru tau nih, bnyk manfaatnya juga ya...terima kasih buat infonya... :)

Anonymous said...

kebutuhan anggur untuk di kosumsi tiap harinya berapa gan?

cari-kado said...

ane suka banget lagh ma buah anggur , mantapnya

delsen said...

buah yang bagus tapi harganya masih mahal...

delsen said...

buah yang bagus

Tank linings said...

terimakasih untuk infonya yaa

indoopustaka said...

thks informasinya. artikel yang menarik dan bermanfaat

Unknown said...

pengen jus anggur

yusufragrdawie said...

Bagus infony

Buah Anggur Untuk Ibu Hamil said...

Anggurkan banyak macamnya, salah satunya anggur merah, hijau dan gelap. Kalau di tinjau dari manfaatnya, yang mana ya kira-kira yang cukup besar nutrsi dan khasaiatnya untuk kesehatan?

aanwijzing said...

Artikel tentang Kandungan dan Manfaat Buah Anggur ini sangat bermanfaat. Terimakasih.

aanwijzing said...

Artikel tentang Kandungan dan Manfaat Buah Anggur ini sangat bermanfaat. Terimakasih.

nama bayi said...

Artikelnya sangat membantu dan bermanfaat.