Cara Merawat dan Memelihara Kelinci Anggora dan Australia



Cara Merawat dan Memelihara Kelinci Anggora dan Australia
Hewan peliharaan sama seperti halnya sahabat bagi manusia, bahkan ada yang sampai menggangap hewan peliharaannya sebagai keluarga sendiri yang di rawat dan di sayang setiap hari. Diberi makan dan di mandikan  secara rutin sampai tidur bersama di satu kasur.. ckckck.. udah kayak anak sendiri tuh hewan peliharaan. Banyak orang memelihara hewan di rumah dengan alasan hobi atau sebagai teman hidup dirumah untuk menghilangkan kesepian atau untuk menambah keramaian di rumah sehingga kehidupan di rumah semakin hidup dan tidak membosankan. Apalagi hewan yang dipelihara amatlah jinak dan penurut, pasti kita akan selalu ingat rumah karena ingin bertemu dan bersama hewan peliharaan kita.

Ngomong – ngomong masalah hewan peliharaan, setiap orang memiliki ketertarikan sendiri sendiri dalam memillih hewan peliharaan. Ada yang suka dengan hewan yang umum di pelihara karena mudah jinak seperti Kucing, Anjing, Kelinci, burung, ikan, dan lain- lain. Atau bahkan ada bebrapa orang yang extreme memelihara hewan yang tak lazim, seperti reptil (Ular, Buaya, kadal, dll) ada juga yang jauh lebih extrem, yaitu memelihara hewan buas, Harimau, Singa dan Macan. Tapi itu kan kembali kepada tang memelihara, karena mereka memiliki ketertarikan sendiri. Yang jelas jika hewan kita perlakukan dengan baik dan kasih sayang pasti lama – kelamaan akan jinak sekali pun itu hewan buas. Tapi tetap harus berhati-hati jika memelihara hewan buas.

Nah, berbicara hewan peliharaan, untuk admin sendiri memiliki beberapa hewan peliharaan di rumah loh.. ada kucing, ada kelinci, ada kambing, dan ada ikan hias. Tapi dari sekian banyak hewan peliharaan admin di rumah, kelincilah yang paling admin suka karena paling jinak dari hewan lain, bahkan lebih jinak dari kucing yang admin pelihara. Kelinci yang saya pelihara berjenis Anggora dan Autralia. Dan ada yang sudah beranak loh.. awalnya saya pikir memelihara kelinci itu susah. Tapi ternyata sangat mudah. Nah berikut admin share cara merawat Kelinci Anggora dan Australia.


Cara Merawat dan Memelihara Kelinci


  • Kandang kelinci hias dijaga agar tidak lembab dan terjaga dari cuaca yang tidak bersahabat seperti: hujan,panas matahari dan hembusan angin secara langsung. Kondisi kering ternyata cukup baik.
  • Lantai kandang kelinci hias selalu dijaga kebersihannya karena sanitasi kandang yang kurang terjaga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Usahakan lantai kandang yang nyaman untuk kelinci seperti dari bambu dan kotoran bisa jatuh kepenampungannya.
  • Jumlah jenis kelinci hias dalam kandang disesuaikan dengan luas kandang karena kandang yang sempit dengan kapasitas kelinci yang banyak sehingga terbatasnya ruang gerak kelinci dapat menimbulkan stres untuk kelinci dan biasanya kalau strees timbul penyakit yang ujungnya kematian
  • Jangan berikan sayuran kepada jenis kelinci hias ataupun jenis lain dalam bentuk “segar”,pastikan harus dalam keadaan layu dan tidak busuk (jangan diberikan langsung dari lemari es). Proses pelayuan berguna untuk mempertinggi kadar serat kasar,juga untuk menghilangkan getah atau racun yang dapat menimbulkan kejang-kejang dan mencret(kecuali kelinci anda makan tumbuh-tumbuhan dari alam bebas)
  • Segera hubungi dokter hewan jika menemukan kelinci anda sakit. Jika perlu lakukan pertolongan pertama agar keadaannya tidak terlalu parah. Upaya pencegahan jauh lebih baik dari pada pengobatan.
  • Untuk pakan tambahan (konsentrat) bisa anda berikan pelet khusus kelinci (misal jenis kelinci hias) atau bisa juga diberikan bekatul yang dicampur dengan sayuran dan ampas tahu diberi air sedikit-diaduk lalu diberikan ke kelinci. Namun khusus untuk kelinci yang saya pelihara sangat doyan makanan apapun, kadang diberi nasi doyan, diberi krupuk doyan, roti doyan, dan tidak berakibat apapun. Malah pada sehat, tapi admin menyarankan tidak memberi kan yang sama dengan yang admin berikan pada kelinci admin. Takut kondisi kelinci anda berbeda dengan kelinci yang saya pelihara.
  • Berikan waktu kelinci untuk bebas bermain di pekaraangan atau di dalam rumah, sebab seperti halnya manusia, hewan pun butuh waktu untuk bebas bergerak dan bermain. Agar kelinci tidak stress yang bisa berujung pada kematian.

Oke,, semoga kelinci yang anda pelihara semakin sehat dan cepat berkembang biak.






6 komentar:

hewan peliharaan said...

untuk pastinya jika kita memiliki luas kandang 1 meter persegi, maka berapa banyak kelinci yang bisa dihuni di kandang tersebut?

adinata said...

makasih min

Unknown said...

terimakasih informasinya

id card murah said...

terimakasih informasinya

Rahmat said...

makasih panduannya, saya masih bingung dengan perawatan kelinci agar tidak mudah sakit, soalnya jika terkena sakit, biasanya susah disembuhkan walau sdh dikasih obat, tetap saja susah

Cartlev Shedir said...

Thanks infonya