Penyebab, Cara Mencegah dan Mengobati Mata Minus



Penyebab, Cara Mencegah dan Mengobati Mata Minus -
Mata merupakan indra yang sangat penting bagi seseorang, karena tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat betapa indahnya dunia ini.. wow.. “lebay “ Xiixi... tapi memang betul kan ? Tanpa mata kita akan sulit melakukan aktivitas dan tanpa mata pula kita akan merasa dunia begitu gelap dan tak berwarna... ckckk nah untuk itulah kita wajib bersyukur kepada Sang Pencipta yang telah menganugrahi sepasang mata yang sehat yang bisa digunakan untuk melihat indahnya dunia dan se-isinya.. hehehe.. dan salah satu cara mensyukurinya ialah dengan menjaga kesehatan mata sehingga mata kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Akan tetapi terkadang kita sering lupa dan lalai untuk menjaga kesehatan mata, dan sering melakukan hal- hal yang dapat membuat kesehatan mata kita terganggu. Seperti kebiasaan membaca buku padahal kondisi lampu tidak begitu terang, mungkin satu atau dua kali tidak akan bermasalah. Tapi bagaimana jika hal tersebut dilakukan setiap hari ? tentu hal tersebut tidak baik bukan untuk kesehatan mata dan banyak khasus akhirnya mata menjadi rabun atau minus ... Nah.. agar mata kita tetap sehat, maka kita perlu tahu hal – hal apa saja yang dapat mengganggu kesehatan mata sehingga kita bisa menghindari hal – hal tersebut. Berikut pemyebab / hal – hal yang dapat merusak penglihatan mata , khususnya penyebab rabun mata atau mata minus :

  • Kurang mengonsumsi makanan sehat. Pola makan yang sehat, yang memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna juga sangat berpengaruh terhadap mata
  • Kebiasaan pola hidup yang tidak sehat. Kebiasaan pola hidup yang buruk dapat memicu penyebab mata minus dan mempengaruhi kesehatan pada mata bahkan dapat merusak mata. Seperti : membaca di tempat yang redup / gelap, kebiasaan membaca sambil tiduran, kebiasaan membaca dengan jarak yang terlalu dekat, dan kebiasaan buruk lainnya.
  • Sering berada di lingkungan yang kurang sehat, tentu dapat mempengaruhi kesehatan dan kebersihan mata, baik lingkungan udara, air, maupun makanan. Sering beradu di jalan raya yang pasti penuh dengan polusi, yang tidak baik terhadap mata, mata menjadi terkena debu dan udara kotor.
  • Banyak mengonsumsi gula yang terlalu banyak. Disadari atau tidak ternyata penelitian mengungkapkan, bahwa banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, terutama gula. Ternyata makanan manis dapat berpengaruh pada mata kita, jadi kita harus seimbang mengonsumsi makan dan minum yang sehat untuk suplay tubuh kita, dan terutama untuk kesehatan dan ketajaman mata kita.
  • Terlalu sering berada didepan layar televisi maupun komputer. jika anda terlalu sering menatap dan menonton televisi maupun komputer yang mempunyai sinar radiasi tinggi dapat memicu penyebab mata minus apalagi jika anda terlalu dekat berada didepan layar komputer dan televisi. Hal ini tentu sangat tidak baik untuk mata.
  • Faktor keturunan juga tetap berperan namun bukan penyebab utama.

Cara Mencegah Rabun Mata / Mata Minus

  • Berilah jarak yang cukup antara mata dengan objek yang dilihat baik saat membaca atau menggunakan komputer.
  • Gunakan pencahayaan yang cukup terang dan jangan membaca dalam suasana remang atau redup.
  • Sebaiknya tidak membaca sambil tiduran, karena posisi ini akan membuat mata cepat capek akibat jarang pandang yang berubah-ubah membuat mata menjadi tidak fokus.
  • Usahakan jangan terlalu lama berada di depan komputer, sebaiknya setiap dua jam sekali mata diistirahatkan dengan cara memejamkan mata selama 10 menit atau melihat pemandangan yang hijau selain layar komputer.
  • Mengurangi makanan yang tinggi protein karena diduga bisa menambah minus pada mata.
  • Mengosumsi segala jenis sayuran dan buah-buahan.

Cara Mengurangi dan Menyembuhkan Mata Minus

  • Lepaskan kacamata jika dirasa kurang diperlukan, seperti berada di ruangan yang sempit. Lakukan hal ini jika anda masih dapat melihat dengan jelas walau tanpa kacamata.
  • Latih mata untuk melihat objek yang jauh tanpa memakai kacamata. Sebagai contoh, anda dapat pergi ke sawah atau pantai karena tempat-tempat tersebut memiliki sudut pandang yang jauh dan luas.
  • Latih mata untuk melihat benda yang bergerak. Sebagai contoh, saat anda berada di jalan raya, amatilah motor yang berlalu lalang di depan anda. Telusuri dan perhatikan tiap gerakannya, usahakan bayangan yang terbentuk adalah utuh.
  • Mengobati mata minus dengan terapi daun sirih. Daun sirih dapat membantu menyembuhkan mata minus dengan cara alami. Caranya juga mudah, bersihkan daun sirih dan tempelkan di kelopak mata saat anda tidur. Lakkan terapi ini secara rutin.
  • Apabila anda bekerja menggunakan komputer, pastikan monitor anda bekerja dengan baik. Selain itu, setiap 30 menit melihat monitor komputer yang menyala, anda harus melihat objek lain seperti keyboard, atau memandang ke luar jendela.
  • Terapi lilin. Lilin juga memiliki manfaat untuk membantu mengurangi tingkat minus mata anda. Caranya sederhana, nyalakan lilin tersebut dan tatap lilin tersebut tanpa banyak berkedip. Usahakan jangan terlalu sering berkedip sampai banyak air mata yang keluar. Terapi lilin ini sederhana, namun cukup ampuh untuk mengurangi mata minus apabila dilakukan secara rutin.
  • Bersihkan mata secara rutin, bisa menggunakan tetes mata.
  • Memakai kacamata saat berkendara. Hal ini bertujuan agar mata anda tidak bersentuhan langsung dengan debu.

Semoga Bermanfaat...







20 komentar:

Anonymous said...

makasih info nya

Anonymous said...

ijin menyimak. kalau saya mungkin yg point 5 penyebabnya yaitu terlalu banyak nonton tv/layar monitor :)

Anonymous said...

min mw nanya apakah cara TERAPI LILIN ,
apa akan bisa sembuh ,,,,,?/



mhon pencerahan,,,,,,,

thanks

Anonymous said...

Terapi lilin itu, jarak kita melihatnya Kira-Kira brp cm ??

Unknown said...

min, kalo terapi lilin baiknya pake kacamata atau tidak? terimakasih

toko kesehatan dan Kecantikan said...

Artikel yang bagus.. Semoga bisa menjadi manfaat bagi banyak orang..

Unknown said...

maksih infonya..

diana said...

Thank's infonya

Unknown said...

Mantap nih. jangan lupa visit blog saya jg ya www.ihsandonesian.blogspot.com

Unknown said...

Kalau minusnya tinggi bisa di kurangi???

kuliner indonesia said...

Wah Sangat bermanfaat infonya gan, saya jadi tahu bagaimana menjaga mata agar terhindar dari minus , terimakasih atas artikelnya.

Unknown said...

bermanfaat sekali tuhhhh hehehehehe

Unknown said...

Mantavvv

Anonymous said...

Makasih banyak infonya, langsung dicoba nih hehe

Unknown said...

Bang sebenernya mata minus itu bisa di sembuh kan gak sorry gwe gk tau? Supaya berkurang seperti tidak minus kembali ke penglihatan awal atau minus 0,0 bisa gak sih bang ?

Unknown said...

Bang sebenernya mata minus itu bisa di sembuh kan gak sorry gwe gk tau? Supaya berkurang seperti tidak minus kembali ke penglihatan awal atau minus 0,0 bisa gak sih bang ?

web design malang said...

Frame kacamata 2018
Optik murah di solo
Optik kacamata murah di solo
Kacamata minus murah
Kacamata wanita kekinian terbaru

Optik Tunggal said...

Informasi yang sangat bermanfaat min. Karena pada saat ini radiasi komputer dan alat elektronik lainya sangatlah rawan menyebabkan kelelahan pada mata bahkan hingga mengalami pandangan yang bermasalah. Mungkin ditambahkan lagi untuk menggunakan kacamata anti radiasi min dalam menggunakan komputer. Kemudian dalam memilih kacamata berkualitas juga haruslah teliti, agar sesuai dengan pandangan mata dan bentuk wajah. Jadi jika sudah pas akan lebih nyaman digunakan. Terus update artikel tentang kesehatan min, waras waras sehat :)

Ahli Mata said...

Informasi yang sangat bermanfaat gan. Mungkin disini ada yang sedang mencari kacamata atau lensa yang berkualitas bisa berkunjung ke OPTIK TUNGGAL. Disitu terdapat banyak pilihan kacamata dan lensa bergaransi resmi.

SAMSON ABANNI said...

This is truely a wonderful write up