Cara Menghitamkan, Melebatkan, dan Menyehatkan Rambut Secara Alami

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in , ,


Cara Membuat Rambut Menjadi Hitam, Lebat dan Sehat Secara Alami -
Memiliki rambut yang hitam dan lebat bukan hanya dambaan bagi kaum hawa saja, melainkan dambaan bagi kaum adam juga. Karena di era modern seperti saat ini kaum adam pun tidak mau kalah dengan kaum hawa untuk urusan fashion dan gaya rambut atau hair stylist, bisa dilihat dari banyaknya kaum adam  yang kini hobinya ke barbershop atau salon khusus pria hanya untuk ngurusin rambutnya. hehe.. Apalagi sekarang lagi trand banget dengan gaya rambut seperti Cristiano Ronaldo. Jadi jangan heran kalo ketemu cowok yang model rambutnya pada sama semua..

Sebenarnya agak merasa aneh sih, karena seperti yang admin ketahui dulu tuh untuk urusan gaya rambut, cowok itu paling ga suka ribet. Biasanya kalau potong rambut, paling potong pendek atau biasa disebut juga potong cepak.. atau ada juga ketika sedang potong rambut, customer cukup bilang potong tentara.. hehehe.. tapi beda dulu beda sekarang, sekarang banyak pria ingin terlihat modis baik dari cara berpakaian maupun gaya rambut, malah tak jarang ada yang mewarnai rambut mereka seperti halnya kaum hawa. Tapi tidak semua kaum adam atau kaum hawa bisa melakukan eksperimen dengan rambutnya.. misal saja seseorang ingin memiliki gaya rambut seperti idolanya, tapi tidak bisa karena kondisi rambutnya yang mungkin kurang sehat atau kurang baik. Seperti mudah patah, jarang-jarang / tidak lebat, atau karena seringnya melakukan pewarnaan pada rambut sehingga rambut jadi rusak dan sulit diatur atau di bentuk. Tentu hal tersebut jangan sampai terjadi yang sob.. Agak hal tersebut tidak terjadi, untuk itu kita perlu melakukan perawatan rambut sehingga rambut bisa tetap sehat, hitam dan lebat, sehingga bisa tetap stylist dan trendy. Lalu kira – kira perawatan apa sajakah yang bisa kita lakukan agar rambut tetap sehat dan indah ? berikut beberapa tips yang mungkin bisa anda coba di rumah :

Cara Menghitamkan Rambut

  • Merang Padi
    Selain menggunakan cara modern, beberapa orang masih memanfaatkan bahan alami untuk menghitamkan rambut salah satunya dengan merang padi. Merang padi mengandung kimiawi karbon, hidrogen, oksigen, dan silica yang banyak dijadikan bahan alami pembuatan sampo penghitam rambut. Untuk menghitamkan rambut dengan merang, dapat dengan membakar merang sampai menjadi abu. Setelah itu campur abu merang padi dengan air sampai berbentuk pasta lalu oleskan pada rambut secara merata dan diamkan selama 30 menit, kemudian bilas sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal dapat menggunakan merang sebagai penghitam rambut paling tidak 2 kali dalam seminggu. Selain itu merang padi juga bermanfaat untuk memperlambat tumbuhnya uban.
  • Biji Pepaya
    Bahan alami lain yang dapat digunakan untuk menghitamkan rambut yakni biji buah pepaya. Biji buah pepaya mengandung glucoside cacirindan karpain yang sangat baik untuk menghitamkan warna rambut secara alami. Caranya dengan mengeringkan biji pepaya sampai benar-benar kering lalu disangrai dan dihaluskan. Untuk menggunakannya pada rambut dapat mencampurkan biji pepaya yang telah halus dengan air sampai berbentuk pasta lalu dioleskan pada rambut seperti menggunakan merang. Setelah itu diamkan selama 20 menit lalu bilas sampai bersih dan gunakan cara ini paling tidak 2 kali seminggu.
  • Kemiri
    Kemiri telah digunakan sebagai bahan penghitam rambut sejak zaman dahulu. Telah banyak yang membuktikan bahwa kemiri dapat memberikan warna hitam alami pada rambut. Hal tersebut disebabkan karena kemiri mengandung gliserida, asam linoleat, palmitat, stearat, protein, vitamin B1 yang bermanfaat untuk rambut khususnya untuk menghitamkan. Langkah pertama yakni dengan menyangrai kemiri lalu menghaluskannya dan mengoleskan pada rambut secara merata dan mendiamkannya selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih dan keringkan. Selain dapat menghitamkan waran rambut, kemiri juga dapat menguatkan akar rambut sehingga tidak mudah rontok.
  • Lidah Buaya
    Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit, lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk menghitamkan warna rambut. Kandungan di dalamnya seperti asam amino, enzim, mineral, gula, asam salisilat, antrakunion mampu memberikan manfaat yang baik untuk rambut. Caranya dengan menghaluskan gel lidah buaya lalu dan mencampurkan dengan madu. Setelah itu dioleskan pada rambut secara merata dan diamkan paling tidak 30 menit sehingga dapat meresap. Untuk membersihkannya dapat menggunakan air dan sampo. Gunakan lidah buaya untuk menghitamkan rambut selama 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.
  • Mengkudu
    Buah mengkudu mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan termasuk untuk menghitamkan rambut. Vitamin dan mineral dalam mengkudu mampu melancarkan sirlulasi darah pada kulit kepala dan menjaga warna rambut tetap indah dan hitam. Cara untuk menghitamkan rambut dengan mengkudu yakni mengkudu dikombinasikan dengan daun pandan. Daun pandan direbus dengan air secukupnya dan didiamkan semalaman lalu air perasan mengkudu dicampurkan ke dalamnya. Gunakan campuran kedua bahan tersebut tersebut dengan cara meratakan ke seluruh bagian rambut. Diamkan paling tidak 30 menit lalu bilas dengan air bersih menggunakan sampo. 
  • Kopi
    Kopi dikenal sebagai bahan perawatan kulit karena kandungan antioksidan di dalamnya. Selain bermanfaat untuk perawatan kulit, kopi juga dapat digunakan untuk menghitamkan rambut secara alami. Warnanya yang hitam bermanfaat untuk menjadikan warna rambut menjadi hitam pekat. Caranya dengan mencampurkan kopi dengan air sampai berbentuk pasta lalu dioleskan pada rambut secara merata dan mendiamkannya selama 20 menit. Setelah itu bersihkan dan bilas dengan air bersih dan sampo. Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu jika menginginkan warna rambut hitam alami.
Cara Melebatkan Rambut

  • Lidah Buaya dan Madu
    Bahan alami yang banyak digunakan untuk melebatkan rambut yakni lidah buaya. Lidah buaya mengandung nutrisi yang sangat penting untuk rambut seperti asam amino, protein, mineral dan vitamin A, C dan E untuk menutrisi rambut. Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya akan merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut akan lebih tebal. Cara menggunakan lidah buaya untuk melebatkan rambut yakni dengan menghaluskan lidah buaya yang dicampur dengan madu. Oleskan pada seluruh bagian kulit kepala dan rambut lalu diamkan selama 30 menit, selanjutnya bilas dengan air. Untuk mendapatkan hasil maksimal dapat mencuci rambut terlebih dahulu sebelum menggunakan masker lidah buaya pada kulit kepala.
  • Kemiri
    Kemiri merupakan salah satu bahan alami yang sering dimanfaatkan untuk melebatkan rambut. Di dalam kemiri mengandung saponin, flavonoida, dan polifenol yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut baru dan mencegah kerontokan sehingga rambut lebih tebal. Cara untuk menggunakan kemiri sebagai perawatan rambut yakni dengan menyangrai kemiri lalu tumbuk sampai halus dan oleskan pada kulit kepala. Diamkan sampai 20 menit lalu bilas dengan air bersih dan sampo. Lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.
  • Minyak Zaitun
    Mniyak zaitun bermanfaat sebagai antibakreti dan anti jamur sehingga mampu mengatasi masalah kerontokan pada rambut yang disebabkan oleh bahan kimia. Kandungan nutrisi yang tinggi seperti vitamin D, E, niacin, biotin dapat membantu proses pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan. Selain itu juga dapat mencegah hormon dihidrotestosteron yang dapat menimbulkan efek negatif pada rambut dan kulit kepala. Untuk menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan rambut, cukup dengan meratakan minyak zaitun pada rambut dan kulit kepala secara merata dan mendiamkan selama 15-30 menit. Selanjutnya dapat membilas rambut dengan air bersih menggunakan sampo.
  • Kuning Telur
    Bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk melebatkan rambut dan mengatasi kerontokan yakni telur. Bagian telur yang digunakan untuk perawatan rambut yakni bagian kuningnya. Kuning telur mengandung vitamin B12, zinc, dan zat besi yang bermanfaat untu pertumbuhan rambut. Campur kuning telur dengan buah alpukat dengan perbandingan jumlah sama banyak sampai tercampur rata. Oleskan pada rambut secara merata dan diamkan selama 15 menit lalu bilas sampai bersih. Saat dan setelah menggunakan perawatan menggunakan kuning telur akan menimbulkan bau amis, oleh karena itu disarankan untuk menggunakan jeruk nipis pada rambut dan kulit kepala. 
  • Seledri
    Kandungan yang terdapat pada batang dan daun seledri yang bermanfaat untuk rambut yakni vitamin, antioksidan, mineral, protein, poliasetilena yang dapat menangkal jamur dan bakteri penghambat pertumbuhan rambut. Sehingga dengan menggunakan masker seledri pada rambut secara rutin 2 kali seminggu akan menyuburkan pertumbuhan rambut. Caranya dengan menumbuk halus daun dan batang seledri lalu dioleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata. Selain itu seledri juga dapat direbus terlebih dahulu lalu menggunakan air rebusan untuk dibasuhkan pada rambut. Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu untuk melebatkan rambut.
  • Santan Kelapa
    Santan kelapa mengandung magnesium, zinc, vitamin E, K, B6, thiamin, niasin, kolin, asam patotenat, dan kalsium. Semua kandungan tersebut bermanfaat untuk rambut khususnya melebatkan rambut. Caranya seperti halnya membuat santan untuk bahan makanan. Setelah santan siap untuk digunakan, oleskan basuhkan pada rambut dan kulit kepala secara merata lalu diamkan selama 20 menit. Selanjutnya bilas rambut menggunakan air dan sampo, lalukan cara ini paling tidak 1 kali dalam seminggu untuk melebatkan rambut.
Sumber : http://www.designes.biz/2016/04/cara-menghitamkan-dan-melebatkan-rambut.html

Tapi perlu dicatat, bahwa tidak ada hasil yang instan. Butuh proses dan kesabaran agar hasil yang diperoleh nanti bisa sesuai dengan keinginan. Selamat Mencoba.







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.