Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Kutu Air

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in , , ,


Cara Mengatasi dan Mengobati Kutu Air Pada Kaki -
Ga tau kenapa belakangan admin jadi suka posting hal – hal yang unik dan jarang di bahas oleh kebanyakan orang. Nah begitu pula pada postingan kali ini. Admin akan membahas kutu air, mungkin banyak dari pembaca sudah mengetahui atau bahkan pernah melihat langsung kutu pada rambut manusia atau kutu pada hewan peliharaan anda seperti kutu pada kucing atau pada hewan ternak seperti sapi. Hahaha.. memang si kutu ini ada di mana – mana yang sobat, bahkan pernah kan sobat mendengar istilah kutu buku ? ternyata sikutu tidak hanya menjadi parasit pada tubuh makhluk hidup saja tetapi pada benda mati juga. Tapi bukan berarti apa yang admin sampaikan diatas berarti admin akan membahas kutu yang hidup di dalam air ya sobat.. karena sebenarnya memang ada binatang berukuran kecil yang hidup di air yang banyak di sebut oleh orang sebagai kutu air. Biasanya juga si kutu air ini dijadikan pakan untuk ikan yang masih baby alias masih kecil – kecil.. yaitu ikan yang belum bisa makan pur/pelet. Kenapa admin bisa tahu ? karena dulu admin juga suka pelihara ikan hias di akuarium dan admin beri pakan kutu air. Oke. Jadi sekali lagi yang akan kita bahas bukan si kutu air yang hidup didalam air.. akan tetapi suatu masalah berkaitan dengan kesehatan yang biasanya terjadi pada celah – celah jari kaki atau tangan yang biasanya menimbulkan bau. 

Adakah dari sahabat pembaca disini yang pernah mengalami kutu air dibagian kaki ? khusus untuk admin sendiri sih sudah pernah beberapa kali mengalami hal tersebut. Umumnya bisa terkena kutu air karena admin terlalu berlama-lama didalam air, dan jika sudah mengalami hal tersebut akan sangat menganggu. Celah – celah jari kaki akan terasa perih dan nyeri di tambah lagi kaki akan beraroma tak sedap. Lalu bagaimana cara mengatasi kutu air tersebut jika kita sudah terlanjur mengalaminya ? tenang berikut ini admin akan share tips – tips mengatasi kutu air yang admin dapat dari berbagai sumber :

Tinea pedis, dikenal secara awam sebagai kutu air atau kaki atlet (terjemahan langsung dari bahasa Inggris:athlete's foot), adalah sebuah infeksi jamur pada kulit, biasanya di antara jari kaki yang disebabkan oleh jamur parasit.
Kutu air sering menyerang kita dibagian-bagian tertentu. Rasa gatal yang ditimbulkan membuat kita merasa tidak nyaman dan serasa ingin terus menggaruk. Kutu air timbul akibat akibat jamur yang bernama trichophyton rubum. Jamur ini sering menyerang di sela-sela kaki, tangan, kuku tangan maupun kuku jari, dan kadang juga menyerang pada wajah maupun kulit kepala. Jamur trichophyton akan semakin tersebar apabila rasa gatal yang dirasakan terus di garuk.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Tinea_pedis

Penyebab Timbulnya Kutu Air

  • Lingkungan Lembab
    Penyebab kutu air yang pertama adalah pada keadaan lembab lingkungan disekitar dapat meningkatkan resiko kutu air. Sehingga jamur senang tumbuh disekeliling dan lingkungan Anda. Apalagi jika keadaan lembab dan hangat, menjadikan tempat paling nyaman jamur tumbuh dimana mana.
  • Menggunakan Sepatu Dalam Waktu Lama
    Kebiasaan menggunakan sepatu dalam waktu yang lama mampu meningkatkan resiko tumbuhnya penyebab kutu air. Sebab keadaan di dalam sepatu memang lembab, sehingga jamur mudah tumbuh disana.
  • Menggunakan Alas Kaki yang Basah
    Kaos kaki, sepatu, dan sandal merupakan asset pertumbuhan jamur yang menguntungkan. Sebab jamur suka tinggal ditempat yang lembab dan gelap. Apalagi jika keadaan septu, sandal, dan kaos kaki tersebut dalam keadaan basah.
  • Kaki yang Sering Terkena Air Cucian
    Penyebab kutu air lainnya karena sering mencuci, apalagi menggunakan tangan mempertinggi resiko tumbuhnya jamur di kaki. Sebab air kotor bekas cucian, di dalamnya banyak kuman jahat. Ketika di buang lalu mengenai kaki, dan kuman akan menempel disana.
  • Terkena Air Banjir
    Keadaan banjir sangat memungkinkan sekali seseorang untuk terkena kutu air. Sebab keadaan air yang kotor meluap ke seluruh daratan, sehingga tidak bisa menghindarinya, kecuali dengan penutup kaki.
Gejala Munculnya Kutu Air

  • Kulit menjadi gatal bahkan sampai memerah.
  • Kulit menjadi kering sampai bersisik.
  • Beberapa kasus sampai muncul rasa panas.
  • Jika penyakitnya sudah parah bisa sampai melepuh.
  • Di bawah jaringan epidermis kulit berisi nanah (jika keadaan yang sudah parah).
  • Adanya pembengkakan jaringan dibawah kulit.
Sumber : http://halosehat.com/penyakit/kutu-air/penyebab-kutu-air

Cara Mengatasi dan Mengobati Kutu Air

  • Minyak kelapa
    Minyak kelapa sangat efektif untuk membersihkan jamur. Minyak kelapa memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan jamur sehingga ideal digunakan untuk menyembuhkan kutu air. Asam laurat merupakan komponen penting minyak kelapa yang memiliki sifat anti jamur dan anti inflamasi. Selain menjadi agen anti jamur yang baik, minyak kelapa juga efektif melembabkan kulit. Oleskan minyak kelapa ke daerah yang terkena kutu air, dan biarkan bahan aktifnya melawan kutu air.
  • Tea Tree Oil (Minyak Pohon Teh)
    Herbal lain yang berkhasiat meredakan kutu air adalah tea tree oil. Oleskan minyak herbal ini ke daerah yang mengalami infeksi untuk membunuh mikroba serta mempercepat penyembuhan kutu air. Meskipun mungkin tidak sepenuhnya menyembuhkan kutu air, tea tree oil efektif untuk meningkatkan penampilan kulit.
  • Cuka Apel
    Jamur pada kaki akan menyebabkan pH kulit menyimpang dari batas normal. Mengembalikan nilai pH pada kulit merupakan salah satu cara membebaskan kulit dari serangan jamur kutu air. Cuka apel merupakan salah satu bahan alami yang dikenal mampu membantu mengatur pH kulit. Buat larutan cuka apel dan air dengan perbandingan satu banding satu. Rendam kaki yang terkena kutu air dalam larutan tersebut selama minimal 20-25 menit setiap hari.
  • Air Garam
    Salah satu cara paling sederhana menyembuhkan kutu air yaitu dengan menggunakan larutan air garam. Larutan air garam hangat dikenal memiliki sifat anti jamur. Campur 2 sendok teh garam dalam baskom berisi air hangat dan rendam kaki selama 10 -15 menit setiap hari.
  • Teh
    Panaskan sekitar 1,5 liter air sampai mendidih. Masukkan 6 kantong teh celup ke dalam air panas. Biarkan air menjadi dingin, kemudian rendam kaki yang terinfeksi selama setengah jam setiap hari. Teh mengandung asam tannic yang tidak hanya menghancurkan jamur tetapi juga membantu mengurangi rasa gatal akibat kutu air
Sumber : http://www.amazine.co/18620/5-pengobatan-alami-untuk-menyembuhkan-kutu-air/

Nah,, sekarang jadi tau kan bahwa penyebab kutu air atau biasa juga disebut rangen itu bukan karena kaki kita digigitin oleh binatang bernama kutu air, melainkan oleh jamur parasit.
 






Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.