Cara Memutihkan, Menguatkan dan Menyehatkan Gigi Secara Alami

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in , ,


Cara Agar Gigi Tetap Sehat dan Putih Secara Alami
Gigi, merupakan salah satu dari bagian tubuh yang umumnya jarang diperhatikan kesehatannya. Dan banyak sekali yang menyepelekan kesehatan gigi. Padahal gigi kita memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pencernaan. Karena jika tanpa gigi tentu akan sangat sulit mengunyah makanan utamanya makanan yang keras, jika kita mengunyah makanan yang keras sedangkan gigi kita sudah tanggal tentu hal tersebut dapat melukai gusi kita. Selain itu jika makanan yang masuk kedalam lambung dalam keadaan yang tidak halus maka lambung akan bekerja lebih keras untuk mencernanya. Kesadaran untuk merawat gigi bagi kebanyakan orang masihlah sangat rendah, padahal kita dianjurkan ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Walaupun pada kenyataannya mungkin banyak diantara kita tidak pernah sekalipun ke dokter gigi. Padahal jika gigi kita sampai keropos, berlubang atau sampai tanggal tentu kita sendiri yang akan rugi. Selain bisa berlubang dan keropos, gigi yang kurang perawatan akan menguning alias tidak terlihat putih bersih. Bayangkan jika kita sedang mengobrol atau sedang senyum lebar kemudian gigi kita tampak kuning atau tidak bersih dengan banyak plak di permukaannya ? tentu hal tersebut bisa membuat risih atau bahkan bisa membuat jijik lawan bicara kita.. hihihi dan hal tersebut bisa membuat kita jadi tidak percaya diri. Untuk itu perlu adanya upaya dari kita agar gigi kita bisa tetap sehat dan putih sehingga kita bisa tetap percaya diri ketika sedang berbicara atau sedang senyum lebar alias unjuk gigi .. hehehe.. Lalu apa sajakah upaya – upaya yang bisa kita lakukan untuk menyehatkan, menguatkan dan memutihkan gigi ? berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba dirumah :

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

1. Kulit Jeruk

Mungkin terlihat aneh jika anda mendengar hal ini. Karena jarang dilakukan oleh banyak orang namun sangat ampuh dalam hal memutihkan gigi anda. Caranya yaitu gunakan kulit jeruk dan pakailah untuk menggosok gigi anda secara teratur. Kandugan vitamin C dalam kulit jeruk sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut anda. Namun tidak disarankan bagi yang mempunyai gigi sensitif.

2. Strawberi

Selain buahnya enak untuk dimakan strawberi juga bermanfaat untuk memutihkan gigi. Dengan mengkonsumsi buah strawberi secara teratur maka lama kelamaan gigi anda akan terlihat putih dengan sendirinya. Kandungan mineral yang ada dalam buah tersebut sangat cocok untuk menyehatkan sekaligus memutihkan gigi yang terlanjur kuning.

3. Garam dan Lemon

Kedua bahan ini bisa anda manfaatkan untuk dibuat sebagai pasta gigi. Campurkan garam dan lemon secukupnya lalu gunakan sebagai bahan untuk gosok gigi. Namun, ingat bahwa pemakaian terlalu sering dapat merusak lapisan gigi, karena kandungan asam pada garam. Pakailah seperlunya saja.

4. Biji Buah Pinang

Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat namun juga biji buah pinang berguna untuk merawat gigi anda. Caranya yaitu bakar bijinya hingga hangus, lalu haluskan sampai lembut. Kemudian gosokkan pada area gigi anda secara merata dengan menggunakan kain atau sabut pinang. Lakukan secara rutin 2-3 kali dalam semingu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Baking Soda dan Jus Lemon

Natrium bikarbonat, kandungan yang ada dalam baking soda dapat mengembalikan warna gigi putih anda. Reaksi kimia baking soda dengan jus jeruk lemon memiliki efek senyum cerah. Caranya: campurkan baking soda dan jus lemon dalam sebuah mangkok, aduk hingga muncul sedikit gelembung. Setelah itu bersihkan gigi anda menggunakan kapas yang telah dicelup dalam campuran tersebut. Lakukan secara merata diamkan beberapa saat, lalu gosok gigi anda. Hentikan jika terjadi iritasi pada gusi anda.

6. Kulit Pisang

Apakah anda seorang penggemar buah pisang? Mungkin anda belum pernah mendengar pisang sangat bermanfaat untuk gigi anda. Tetapi tunggu dulu, yang kita gunakan adalah kulit buah pisang! makan dulu pisangnya, sisakan kulitnya. Caranya: gosok dengan lembut kulit pisang bagian dalam pada gigi anda selama sekitar dua menit, sekali atau dua kali sehari. Kandungan mineral yang bagus pada buah pisang seperti kalium, mangan dan magnesium, diserap masuk ke dalam gigi anda dan membantu menjaga kesehatan gigi. Silahkan dicoba!

7. Keju dan Susu

Makan keju atau produk susu sangat baik untuk kesehatan gigi karena memiliki kandungan kalsium tinggi yang sangat penting untuk gigi dan mencegah tulang keropos. Asam laktat, yang terdapat pada produk susu, bermanfaat untuk memperkuat enamel dan mencegah kerusakan pada gigi. Mengkonsumsi makanan seperti keju dan susu yang melindungi enamel dan menjaga keputihan gigi kita. Kalsium pada keju dan fosfat dalam susu membantu meletakkan kembali mineral pada gigi anda yang telah hilang dan menghindarkan anda dari sakit gigi.

8. Berhenti Merokok

Cara memutihkan gigi secara alami selanjutnya adalah berhenti merokok. Ini dikhususkan bagi seorang pria namun juga tak menutup kemungkinan bagi wanita perokok. Kandungan pada rokok menjadi penyebab utama gigi anda bewarna kuning dan nampak tidak sehat. Karena itulah hindari merokok untuk kesehatan gigi dan juga kesehatan tubuh anda.

9. Gosok Gigi Secara Rutin

Tips ampuh dan jitu yang terakhir adalah dengan menggosok gigi anda secara rutin. Ini merupakan cara efektif dalam menjaga kesehatan dan memutihkan gigi anda. Penggunaan pasta gigi alami seperti berbahan dasar tumbuhan tradisional akan menunjang kebersihan dan kesehatan gigi anda

Sumber : http://sehatsatu.com/cara-memutihkan-gigi-secara-alami/

Cara Menyehatkan dan Menguatkan Gigi

1. Teh hijau

Teh hijau mengandung senyawa katekin, yaitu senyawa kompleks yang dapat membantu mengendalikan infeksi bakteri serta melawan peradangan. Katekin adalah anti mikroba yang dapat menjaga kesehatan mulut dan mencegah bakteri dalam mulut. Orang yang sering dan suka minum teh hijau akan lebih jarang mengalami masalah dengan gigi dibanding orang yang tidak pernah minum teh hijau.

2. Susu

Dengan minum susu setiap hari maka anda membantu memperkuat dan memperbaiki email pada gigi anda. Susu adalah sumber kalsium, fosfat dan juga vitamin D yang sangat baik dan semua nutrisi tersebut akan sangat berperan dan bermanfaat bagi kesehatan gigi dan tulang anda dan juga membuatnya lebih kuat.

3. Buah apel

Mengkonsumsi buah apel setelah makan dapat membantu membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Dan yang paling penting saat anda makan buah apel maka produksi air liur pada mulut akan meningkat sehingga bisa mencegah pengelupasan pada permukaan gigi. Selain hal tersebut ternyata buah apel juga mengandung beberapa mineral dan vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Sehingga Cara Alami Menyehatkan dan Menguatkan Gigi dengan mengkonsumsi buah apel sangat baik dan cocok bagi anda.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan serta biji-bijian adalah salah satu makanan yang dapat menyehatkan dan menguatkan gigi anda. karena kedua jenis makanan tersebut mengandung protein, mikronutrien seperti zinc, kalsium, fosfor dan senyawa lainnya yang berguna bagi gigi. Nutrisi dan protein yang terkandung didalamnya sangat berkontribusi dalam proses remineralisasi pada gigi dan juga tentunya menguatkan serta menyehatkan gigi anda.

5. Coklat Hitam

Coklat hitam terbuat dari buah kakao mengandung tannin. Tannin berfungsi mengurangi radang pada gusi sehingga dapat mencegah kerusakan dan erosi pada email di gigi. Selain itu buah kakao juga dapat mengurangi pembentukan plak gigi yang dapat menginfeksi gigi. Coklat hitam juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dari gusi sehingga bisa menyehatkan gigi anda.

Sumber : http://www.gemadesa.com/2014/07/24/1410/5-cara-alami-menyehatkan-dan-menguatkan-gigi.html

Selain beberapa tips diatas yang tidak kalah penting ialah rutin untuk memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi, baik ada tau tidak adanya keluhan pada gigi. Hal tersebut bisa sebagai upaya pencegahan terhadap masalah pada gigi anda. Sekian pembahasan kita mengenai gigi. Semoga bermanfaat.







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar: