Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Radang Amandel

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in , , ,


Cara Mengatasi dan Mengobati Radang Amandel Secara Alami -
Pernahkah sobat iseng – iseng bercermin sambil membuka mulut lebar – lebar ? hal apakah yang sobat temukan ketika membuka mulut lebar – lebar ? apakah sobat menemukan sebuah benjolan kecil seperti daging atau kelenjar menjuntai dilangit – langit mulut ? jadi seperti benjolan yang bergelantungan di rongga mulut ? jika sobat mengatakan itu adalah amandel ? sobat salah besar, dahulu admin pun mengira bahwa amandel itu ialah benjolan yang menggantung di langit langit mulut yang akan terlihat dengan jelas ketika membuka mulut. Padahal itu bukan amandel melainkan Uvula, sedangkan amandel itu justru terletak di samping kanan dan kiri dekat uvula namun agak lebih kedalam. Jadi ketika ada seseoarang yang mengalami masalah radang amandel maka letak peradangannya terletak di amandel ya sob, bukan pada Uvula yang menggelantung di langit – langit mulut. Hehehe.. tahukah sobat ? bahwa amandel itu memiliki peranan yang sangat penting utamanya dalam sistem kekebalan tubuh, jadi ketika ada orang yang mengalami radang amandel dan memutuskan untuk mengoperasinya, sebenarnya itu sangat beresiko, sebab amandel berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Jadi jika amandelnya di ambil tentu sistem kekebalan tubuh kita akan menurun. Jadi jika memang masih bisa diobati tanpa di operasi maka baiknya jangan di operasi terlebih dahulu. Nah berikut ini admin punya beberapa info seputar amandel yang mudah-mudahan bermanfaat untuk sobat pembaca :

Apa Itu Amandel ?

Mandel, amandel (bahasa Inggris: tonsils, palatine tonsil, faucial tonsils, nasopharyngeal tonsil) adalah bagian dari sistem kelenjar getah bening yang berada pada sisi kiri dan kanan bagian belakang rongga mulut. Seperti kelenjar getah bening lainnya, amandel adalah bagian dari sistem kekebalan yang menjaga tubuh manusia dari infeksi, khususnya infeksi saluran napas atas dan faring.

Peradangan pada amandel disebut sebagai tonsilitis. Infeksi parah pada amandel dapat mengakibatkan amandel membengkak hingga harus dioperasi untuk diambil, namun diambilnya amandel dapat mengakibatkan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Mandel

Radang amandel (bahasa Inggris: tonsillitis) adalah infeksi pada amandel yang kadang mengakibatkan sakit tenggorokan dan demam.

Secara klinis peradangan ini ada yang akut (baru), ditandai dengan nyeri menelan (odinofagi), dan tidak jarang disertai demam. Sedangkan yang sudah menahun biasanya tidak nyeri menelan, tapi jika ukurannya cukup besar (hipertrofi) akan menyebabkan kesulitan menelan (disfagia)

Kapan amandel harus dibedah? Para ahli masih belum satu pendapat mengenai ini, namun umumnya literatur klinik membagi indikasi pembedahan radang amandel (tonsilektomi) atas 2 yaitu:

1. Absolut (mutlak: harus dibedah)
2. Relatif (tidak mutlak: sebaiknya dibedah)

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Radang_amandel

Penyebab Penyakit Amandel
  • Kurangnya Asupan Vitamin C
    Salah satu penyebab penyakit amandel ini adalah karena kurangnya vitamin C. Vitamin C ini banyak sekali terdapat pada buah buahan dan sayur sayuran, buah yag dimaksud adalah seperti buah jeruk dan buah  lain lain. vitamin C berfungsi juga untuk mengobati penyakit sariawan. Vitamin C sangat penting bagi kesehatan tubuh Anda. Tubuh ini harus mengkonsumsi 500 mg dalam perharinya, agar terjadi keseimbangan yang sangat bagus. Dan agar terhindar dari penyakit penyakit yang berbahaya.
  • Mengkonsumsi Makanan yang Sembarangan
    Salah satu penyebab penyakit ini terjadi adalah karena adanya faktor makanan. Faktor makanan tersebut berupa, makanan yang mengandung bahan pengawet serta makanan yang mengandung pewarna yang sangat mencolok. Biasanya makanan yang mengandung bahan bahan berbahaya ini teradapat pada makanan ynag berupa ice cream, minuman, serta permen sepeti gulali yang ada di sekolah sekolah anak anak. Itulah yang menyebabakan penyakit ini bermunculan. Maka dari itu, Anda harus segera menghindarkan makanan yang menganduung bahan bahan berbahaya, dan jagalah anak anak Anda, agar terhindar dari penyakit ini.
  • Kurangnya Minum Air Putih
    Salah satu penyebab dari penyakit ini adalah kurangnya mengkonsumsi air putih. Air putih ini sangat baik dan bagus untuk kesehatan tubuh Anda. Fungsi dari air putih ini sangat banyak, salah satunya adalah untuk menetralisirkan kuman atau bakteri yang ada pada dalam tubuh Anda. Air putih ini juga bagus untuk pertumbuhan tulang dan juga bagus untuk kesehatan kulit Anda. Biasanya air putih ini harus di konsumsi delapan gelas perhari. Dan akan lebih bagus lagi, jika Anda mengkonsumsi air putih setelah bangun tidur, karena khasiatnya sangat banyak sekali.
  • Sering Memakan Makanan Pedas
    Salah satu penyebanya adalah terlalu sering dengan mengkonsumsi makanan yang pedas. Makanan yang pedas ini adalah makanan yang mempunyai rasa pedas yang berlebihan. Biasanya makanan ini terdapat pada makanan yang berkuah, seperti bakso, soto, dan bakmi, serta makanan ynag lainnya. Ada juga yang sesuai dengan seleranya masing masing.
  • Kurangnya Kebersihan Sebelum Makan
    Salah satu penyebab dari penyakit ini adalah kuranganya kebersihan sebelum makan. Contohnya seperti tidak mencuci makan saat ingin melakukan makan. Maka dari itu, kita harus perlu memperhatikan kebersihan kita, terhadap makanan kita yang ingin di konsumsi, agar terhindar dari penyakit ini.
Gejala - Gejala Penyakit Amandel

Selain dengan faktor faktor serta penyebba pada penyakit ini, ada juga beberapa gejala yang disebabkan pada penyakit amandel ini. Diantaranya adalah :
  • Pada tenggorakan kita akan terasa kering dan seperti ada yang mengganjal pada saat ingin menelan sesuatu.
  • Akan terjadi bau mulut. Bau mulut ini bisa disebakan oleh beberapa hal, salah satunya bisa disebabkan dengan adanya penyakit ini yang bersarang pada tenggorakan Anda.
  • Akan terasa sulit jika ingin menelan. Gejala ini disebakan karena adanya penyakit yang bersarang pada bagian tenggorakan kita.
  • Bisa mengakibatkan muntah yang berkepanjangan. Hal ini bisa terjadi karena adanya faktor penyakit yang ada pada tenggorakan kita.
  • Dapat menghilangkan suara. Gejala ini akan terjadi, jika kita tidak berhati hati dalam menjaga suara Anda dengan baik, dan penyebab lainnya adalah, apabila Anda sering berteriak dengan suara yang keras, hal ini bisa mengakibatkan suara akan menghilang dengan sendirinya.
  • Mengakibatkan sakit kepala. Salah satu gejala dari penyakit ini adalah akan terjadi sakit kepala atau pusing kepala yang sangat melelahkan.
  • Akan meimbulkan penyakit demam. Salah satu dari gejala ini adalah akan menimbulkan penyakit demam yang sangat mengkhawatirkan.
  • Akan mengakibatkan sakit tenggorokan. Salah satu dari gejala ini adalah bisa menyebabkan sakit pada bagian tenggorakan kita.
  • Akan terjadi pembengkakan kelenjar getah bening. Salah satu gejala dari penyakit ini adalah bisa mengakibatkan pembengkakan pada kelenjar getah bening. Dan penyakit ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.
Sumber : http://amandel.org

Cara Mengobati Penyakit Amandel Secara Alami

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan bahan pertama yang dapat membantu anda menyembuhkan penyakit radang amandel yang anda derita. Jeruk nipis dapat membuat peradangan dan infeksi yang terjadi pada amandel berkurang dan akhirnya menjadi sembuh. Kandungan vitamin C ini sama dengan kandungan gizi tomat yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh.

Berikut ini bagaimana cara membuat obat radang amandel dengan menggunakan jeruk nipis :
  • Jeruk Nipis
  • Kapur sirih
Cara pembuatan :
  • Peraslah 2 buah jeruk nipis
  • Campurkan air hasil perasan jeruk nipis tersebut dengan air kapur sirih
  • Minumlah larutan ini secara teratur, kira – kira 3 kali sehari.
2. Daun Benalu

Daun benalu yang berada pada pohon jeruk nipis juga dapat membantu tubuh menyembuhkan peradangan pada bagian amandel. Ditambah Adas Pulo Waras secukupnya, dapat membuat ramuan buatan sendiri untuk mengobati peradangan pada amandel ini.

Berikut ini langkah – langkah pembuatannya :
  • Tumbuk daun benalu dan adas pulo waras sampai halus
  • Saring hasil tumbukan
  • Seduh dengan air panas
  • Minumlah air tersebut secara rutin
3. Bawang Merah

Bawang merah memiliki sifat anti inflamasi, yang artinya bisa meredakan rasa panas dan peradangan yang menjadi penyebab amandel. Cara menghilangkan amandel secara alami dengan memanfaatkan bawang merah, hanya perlu mengupas bawang merah dan mengunyahnya, lalu telanlah. Hal ini akan membantu anda untuk menyembuhkan peradangan yang terjadi pada amandel.

4. Buah Mengkudu

Buah dengan rasa yang tidak enak ini memang memiliki banyak sekali manfaat bagi penyembuhan penyakit. Mengkudu ternyata juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit radang amandel yang anda derita. Berikut ini cara pembuatannya :
  • Peraslah dua buah mengkudu yang sudah matang
  • Saring, dan ambil air hasil perasannya
  • Tambahkan madu murni
  • Minum secara teratur untuk menyembuhkan radang amandel yang anda derita.
5. Kulit Manggis

Kulit manggis juga memiliki khasiat yang baik dalam menyembuhkan radang amandel yang diderita. Berikut ini bahan-bahan yang dapat digunakan untuk menyembuhkan radang amandel  dengan menggunakan kulit manggis :

Bahan :
  • 15 kulit manggis kering
  • Air
Cara Pembuatannya :
  • Rebus kulit manggis kering hingga mendidih
  • Tunggu hingga dingin
  • Berkumurlah dengan menggunakan air tersebut, ingat, hanya dikumur saja dan jangan anda minum.
6. Jahe

Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi gejala-gejala yang dapat ditimbulkan oleh radang amandel yang diderita.
  • Buat air rebusan jahe untuk mengobati radang amandel
  • kemudian dapat ditambahkan dengan madu atau bahan lainnya
  • lalu minumlah secara teratur, maka radang amandel anda akan segera sembuh.
Selain itu, manfaat jahe juga sangat baik untuk mengurangi gejala asma untuk melegakan tenggorokan.

7. Madu

Madu memang memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh. Namun ternyata madu pun memiliki manfaat untuk menyembuhkan radang amandel yang anda derita. Madu dapat dikonsumsi begitu saja atau bisa juga dicampur ke dalam beberapa jenis obat-obat herbal. Hal ini akan membantu menyembuhkan gejala radang amandel yang diderita.

Itulah beberapa cara menghilangkan amandel secara alami dengan ramuan obat-obatan herbal. Ramuan pengobatan ini dapat terus digunakan sebagai obat alternatif  pengganti obat yang diberikan oleh dokter. Namun hal ini juga perlu dikonsultasikan oleh dokter agar lebih aman.

Tips Penyembuhan Amandel

Namun, selain menggunakan obat-obatan alami penyembuh radang amandel, penderita juga harus memperhatikan kondisi tubuh dan konsumsi makanan serta asupan gizi agar radang amandel anda tidak bertambah parah. Berikut ini yang dapat anda lakukan untuk membantu penyembuhan radang amandel :
  1. Istirahat yang Cukup
    Istiarahat sangatlah penting bagi tubuh anda. istirahat dapat membantu anda mengembalikan stamina dan daya tahan tubuh anda agar radang amandel yang anda derita tidak menjadi semakin parah.
  2. Hindari Makanan yang Bersifat Pedas dan Panas
    Bahaya makanan pedas dan bersifat panas, akan mempertparah kondisi radang amandel. Jadi harus bisa menhindari jenis makanan yang pedas dan berlemak tinggi, seperti sambal, gorengan, gulai dan jenis makanan lainnya.
  3. Konsumsi Makanan Lembek
    Agar asupan nutrisi anda tetap terjaga, maka anda perlu mengkonsumsi makanan-makanan yang menyehatkan, namun memiliki tekstur yang lembek, lunak dan encer. Anda bisa mencoba mengkonsumsi jus buah dan jus sayur, atau anda juga bisa mencoba es krim yang bisa membantu mendinginkan bagian mulut dan tenggorokan.
  4. Perbanyak Minum Air Putih
    Jangan lupakan air putih. Air putih merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh anda. air putih memiliki manfaat salah satunya adalah untuk mencegah keringnya bagian tenggorokan dan juga untuk menambah daya tahan tubuh, agar tidak merasa lemas.
Sumber : http://halosehat.com/penyakit/amandel/7-cara-menghilangkan-amandel-secara-alami-dan-tips-penyembuhannya

Namun jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dan untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan, maka ada baiknya anda konsultasikan terlebih dahulu mengenai radang amandel anda kepada dokter.







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar: