Penyebab dan Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in , ,


Cara Mengatasi dan Mengobati Radang Tenggorokan - 
Halo sahabat permathic ? pada kesempatan kali ini admin akan mencoba membahas mengenai salah satu gangguan kesehatan yang kerap kali dialami seseorang dan mungkin sahabat permathic pernah mengalaminya sendiri. Yups.. pada postingan kali ini admin akan membahas mengenai penyakit radang tenggorokan. Sedikit berbagi cerita tentang pengalaman admin terserang radang tenggorokan atau sakit tenggorokan, sebenarnya untuk radang tenggorokan sendiri sudah beberapa kali admin alami, dan ketika sedang radang tenggorokan tentu seperti halnya kebanyakan orang, kita akan sangat tersiksa ketika sedang menelan makanan. Sebab tanpa menelanpun tenggorokan terasa sakit dan panas. Biasanya radang tenggorokan akan berdampak kepada masalah lain, misalnya badan menjadi demam atau yang sering admin alami ketika radang tenggorokan yaitu panas dalam. Dulu admin pernah mengalami radang tenggorokan yang cukup lama hingga membuat berat badan admin turun alias kurusan.. hehe.. ya jelaslah berat badan akan turun sebab nafsu makan pun akan turun karena menelan makananpun akan menambah rasa sakit. Jadi kalau sedang radang tenggorokan membuat kita serba salah, makan salah tak makan pun salah. Nah kembali ke pembahasan radang tenggorokan, tahukah anda mengapa kita bisa mengalami radang tenggorokan ? karena tak mungkin terjadi sesuatu tanpa ada penyebabnya ? untuk itu yuk kita coba cari tahu mengapa atau apa penyebab radang tenggorokan dan bagaimana mengatasi dan mengobatinya.

Faringitis (bahasa Latin: pharyngitis), adalah suatu penyakit peradangan yang menyerang tenggorok atau hulu kerongkongan (pharynx). Kadang juga disebut sebagai radang tenggorok.

Radang ini bisa disebabkan oleh virus atau bakteri, disebabkan daya tahan yang lemah. Faringitis biasanya disebabkan oleh bakteri streptococcus. Pengobatan dengan antibiotika hanya efektif apabila karena terkena bakteri. Kadangkala makan makanan yang sehat dengan buah-buahan yang banyak, disertai dengan vitamin bisa menolong.

Gejala radang tenggorokan seringkali merupakan pratanda penyakit flu atau pilek.

Terdapat dua jenis radang tenggorok yaitu akut dan kronis:

  • Faringitis akut, radang tenggorok yang masih baru, dengan gejala nyeri tenggorok dan kadang disertai demam dan batuk.
  • Faringitis kronis, radang tenggorok yang sudah berlangsung dalam waktu yang lama, biasanya tidak disertai nyeri menelan, cuma terasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorok.
(Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Faringitis )

Penyebab Radang Tenggorokan

Penyebab Radang Tenggorokan dibagi menjadi dua golongan besar yaitu penyebab infeksi (virus dan bakteri) dan penyebab non infeksi (alergi, iritan, GERD, tumor).

Dari sekian banyak penyebab, Penyebab Radang Tenggorokan yang paling sering adalah infeksi virus, virus yang juga menyebabkan common cold (pilek) dan Influenza (flu).

Penyebab Radang tenggorokan: Infeksi

Infeksi Virus

Virus yang menyebabkan radang tenggorokan meliputi:

  • Common cold Flu (influenza)
  • Mononucleosis (mono)
  • Virus Campak
  • Virus Cacar air
  • Virus Croup – menyebabkan penyakit pada anak yang ditandai dengan batuk keras dan menggonggong
Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri yang dapat menyebabkan radang tenggorokan meliputi:

  • Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pyogenes, atau group A streptococcus.
  • Batuk rejan, infeksi saluran pernafasan yang sangat menular
  • Difteri, penyakit pernapasan serius yang jarang terjadi di negara-negara industri, tetapi lebih sering terjadi di negara berkembang.
Penyebab Radang Tenggorokan : Non-Infeksi

  • Alergi. Alergi terhadap bulu kucing dan hewan lainnya, jamur, debu dan serbuk sari dapat menyebabkan radang tenggorokan.
  • Kekeringan. Kekeringan yang dimaksud disini yaitu kering pada tenggorokan, biasanya karena suhu udara yang panas dan kurang minum. Sering bernapas melalui mulut – karena hidung tersumbat – juga dapat menyebabkan kering pada tenggorokan dan berlanjut menjadi radang tenggorokan.
  • Iritasi. Penyebab radang tenggorokan yang satu ini banyak saya jumpai, bahkan pernah juga saya mengalaminya. Iritasi pada tenggorokan banyak penyebab nya terutama akibat makanan diantaranya goreng-gorengan, keripik, makanan pedas, ciki-ciki (terutama pada anak) minuman alkohol. selain makanan juga bisa akibat dari polusi udara, dan asap rokok.
  • Gastroesophageal reflux disease (GERD). GERD adalah gangguan sistem pencernaan di mana asam lambung atau isi lainnya dari lambung kembali ke atas (reflux) yakni ke esofagus. Karena isi lambung tersebut asam yang bersifat mengiritasi jaringan maka bisa menyebabkan radang tenggorokan. Tanda-tanda atau gejala lain mungkin muncul diantaranya perut mulas, suara serak, regurgitasi isi perut (muntah) dan sensasi benjolan di tenggorokan.
  • Infeksi HIV. Radang tenggorokan dan gejala seperti flu terkadan muncul pada awal-awal setelah seseorang terinfeksi virus HIV. Selain itu, orang dengan HIV-positif bisa juga mengalami radang tenggorokan kronis atau berulang karena infeksi sekunder. Masalah kesehatan lainnya yang sering dialami antara lain : infeksi jamur yang disebut oral trush dan infeksi sitomegalovirus.
  • Tumor. Penyebab Radang Tenggorokan yang satu ini termasuk jarang, tumor atau kanker pada tenggorokan, lidah atau pita suara (laring) dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Tanda-tanda atau gejala lain mungkin termasuk suara serak, kesulitan menelan, bernapas berisik, benjolan di leher, dan darah dalam air liur atau dahak ketika batuk.
(Sumber : http://mediskus.com/penyakit/penyebab-radang-tenggorokan )

Lalu bagaimana cara mengatasi atau mengobati radang tenggorokan ?

Cara Mengobati atau Mengatasi Radang Tenggorokan Secara Alami

  • Cengkeh
    Cengkih atau cengkeh merupakan salah satu bahan herbal yang baik untuk megobati sakit tenggorokan. Cara Membuatnya cukup mudah. Siapkan serbuk cengkih sebanyak 1-2 sendok teh dan setengah gelas air matang. Campurkan cengkih dan air,pergunakan campuran serbuk cengkeh dan air tersebut untuk berkumur. Cengkih mempunyai sifat antibakteri dan anti radang yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.
  • Teh
    Anda dapat mengurangi rasa sakit di tenggorokan dengan teh buatan anda sendiri. Gantilah sementara minuman-minuman seperi kopi, cola dan aneka minuman pasaran dengan teh hangat. Jika anda ingin lebih manjur, anda bisa menggunakan teh chamomile. Teh dari jenis chamomile dapat mengurangi rasa sakit tenggorokan akibat radang. Anda bisa menikmatinya dengan menambahkan madu di dalamnya. Semakin nikmat bukan?
  • Teh Jahe
    Minum teh saja sudah nikmat apalagi jika ditambah dengan jahe. Jahe memiliki sifat ekspektoran, yang berarti membantu melonggarkan dan mengeluarkan lendir dari sistem pernapasan Anda (termasuk lendir ekstra di tenggorokan). Jahe meningkatkan oksigen ke sel-sel, membilas racun, dan mempercepat proses penyembuhan. Caranya anda potong satu inci jahe yang telah dimemarkan lalu rebus kurang lebih selama tiga menit. Campurkan jahe tersebut dengan teh yang telah dibuat sebelumnya. Lalu nikmati.
  • Buah Belimbing
    Buah belimbing ternyata memiliki khasiat sebagai anti-radang yang bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya ambil 100 gram buah belimbing manis, lalu dibuat jus dan diminum.
  • Madu dan Lemon
    Air hangat yang dicampur madu dan lemon juga bisa menenangkan tenggorokan anda. Madu sudah jelas sekali memiliki banyak manfaat. Anda juga bisa mengkombinasikan lemon dan jahe, lemon berfungsi mengencerkan lendir sedangan jahe sebagai penenang. Caranya: campurkan satu sendok madu dan satu sendok lemon dan dituangkan di dalam air hangat. Kemudian minumlah.
  • Bawang Putih
    Bawang putih mengandung senyawa bernama allicin yang merupakan agen pembunuh bakteri. Jadi cobalah mengunyah bawang putih agar mengeluarkan senyawa allicin demi mengatasi radang tenggorokan.
Nah itu tadi beberapa informasi seputar radang tenggorokan, semoga informasi diatas bisa menjadi referensi bagi sahabat permathic dalam mengatasi penyakit radang tenggorokan.







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar: