Manfaat dan Khasiat Tanaman Songgo Langit / Rincik Bumi

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,


Manfaat dan Khasiat Tanaman Songgo Langit / Rincik Bumi -
Pernahkah sobat mendengar sebuah tanaman yang bernama songgo langit atau ada juga yang menyebutnya Rincik Bumi ? emang sih terdengar agak waw dari namanya.. sebab tanaman yang kalau dalam bahasa Indonesianya berarti penyangga langit atau penopang langit.. hihihi. tapi mungkin dinamakan demikian karena tanaman ini merupakan tanaman merambat yang bisa tumbuh sangat panjang dan mungkin kalau tanaman ini merambat pada tiang yang tingginya sampai langit tanaman tersebut bisa sampai kelangit.. hahaha.. kalau ini memang admin yang lebay.. tapi ya begitulah mungkin kenapa bisa dinamai songgo langit. Tapi bagi anda yang belum pernah melihat tamanan ini, sedikit gambaran saja, tanaman ini berdaun dan berbatang kecil dan berbentuk daun seperti jarum. Bisa anda lihat gambarnya diatas. Jadi yang admin maksud sanggo langit disini bukan Songgolangit (Tridax procumbens) ya, sebab memang ada 2 jenis tanaman yang bernama sama “Songgo Langit”. Namun Songgo Langit yang admin bahas ialah SonggoLangit yang mempunyai nama lain Rincik Bumi.

Oke. Kembali ke pembahasan tanaman Rincik Bumi / Songgo Langit. Biarpun tanaman ini sangat kecil, tapi manfaatnya tak sekecil ukurannya. Dan selain sebagai tanaman obat, rincik bumi juga bisa di jadikan tanaman hias penghias pekarangan rumah. Lalu apa sajakah manfaat dari tanaman ini ? Mau tau ? yuk kita simak infonya di bawah ini :

Rincik bumi adalah tumbuhan obat yang berasal dari Amerika tropis. Di Jawa, ia tumbuh liar di tanah yang telantar, ataupun tanaman hias yang dirambatkan di pagar. Dikenal dengan nama sangga langit, songgo langit (Melayu); bunga tali, rincik bumi (Sunda); dan katilan.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Rincik_bumi

Nama latin tanaman rincik bumi adalah Ipomoea Quamoclit L. sedangkan dalam bahasa inggris tanaman rincik bumi ini memiliki nama Cypress Vine, Cardinal Climber, dan Star Glory. Ciri-ciri tanaman rincik bumi ini memiliki bentuk daun seperti jarum yang bergerombol serta bunga yang berwarna merah yang berbentuk bulat memanjang.

Klasifikasi Tanaman Rincik Bumi

  • Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  • Sub Kelas: Asteridae
  • Ordo: Solanales
  • Famili: Convolvulaceae (suku kangkung-kangkungan)
  • Genus: Ipomoea
  • Spesies: Ipomoea quamoclit L
Manfaat Tanaman Rincik Bumi / Songgo Langit


  • Wasir (hemorrhoid)Masyarakat modern pada umumnya memiliki kebiasaan buruk, dengan menjalani pola makan yang tidak sehat. Mereka cenderung menyukai makanan yang tidak mengandung serat, bahkan tinggi kolesterol dan lemak. Pola makan seperti ini seharusnya segera diubah. Perbanyak makan buah dan sayuran hijau, untuk melancarkan pencernaan.

    Nah, jika pencernaan tidak lancar akibat kurangnya serat, maka ujung-ujungnya adalah masalah sembelit. Ketika sembelit tidak segera diobati, maka dapat memicu masalah serius seperti wasir. Jadi, untuk mencegah hemorrhoid dengan mengubah gaya hidup anda.

    Sedangkan obat wasir dengan bahan alami. Pertama, panaskan 750 ml air menggunakan api kecil. Masukkan 9 gram daun rincik bumi ke dalamnya, tunggu sampai airnya berkurang 250 ml. Setelah air menjadi dingin, sebagian diminum dan sisanya digunakan untuk mencuci bagian tubuh yang bermasalah. Atau sebagai obat luar, anda dapat menerapkan daun katilan pada area yang sakit. Tentu saja setelah melumatkan daunnya terlebih dahulu.
  • Menurunkan Panas
    Air rebusan daun rincik bumi juga dapat digunakan untuk menurunkan suhu badan melonjak. Saat si kecil mengalami demam, berikan minuman yang terbuat dari rebusan daun tali-tali kepadanya.
  • Mengobati Borok dan Luka Koreng
    Salah satu penyakit kulit yang membuat tidak nyaman adalah borok. Jangan cemas, ambil saja daun tali-tali kemudian rebus bersama dua gelas air selama beberapa menit. Saat airnya dingin, dapat dikonsumsi dan digunakan sebagai obat luar. Ulangi pangobatan setiap pagi dengan rutin, sampai luka kering dan sembuh.
Sumber : http://www.kinisehat.com/2016/03/manfaat-rincik-bumi-obat-tradisional.html
  






Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.