Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Delima

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,


Manfaat dan Khasiat Buah Delima Merah -
Mungkin sobat sudah tidak asing dengan buah delima, yups.. karena buah ini sering kita dengar dan kita ketahui dari berbagai media. Malah tak sedikit loh orang yang menamai anaknya dengan nama “Delima” sebab ada beberapa teman admin yang bernama delima. . hehehe.. tapi tahukah anda bahwa banyak sekali produk minuman kemasan yang mengandung sari atau ekstrak buah delima ini. Akan tetapi pernahkah sobat mencicipi atau merasakan rasa dari buah delima ini secara langsung ? jadi bukan dari minuman hasil ekstrak atau sarinya melainkan memakan buahnya secara langsung ?. Mungkin kebanyakan dari pembaca banyak yang belum pernah memakan buah delima ini secara langsung, begitu pula dengan admin sendiri, sebab hingga detik ini admin belum pernah mencicipi atau merasakan langsung buah delima ini. Karena buah satu ini memang jarang kita jumpai dipasaran dan jarang juga kita lihat ditanam atau tumbuh di pekarangan rumah. Padahal dari berbagai sumber menyebutkan bahwa buah delima sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Lalu manfaat apa sajakah dari buah delima ini ? untuk lebih jelasnya, yuk kita simak infonya dibawah ini:

Delima (punica granatum) adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5–8 m. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Iran, namun telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania. Bangsa Moor memberi nama salah satu kota kuno di Spanyol, Granada berdasarkan nama buah ini. Tanaman ini juga banyak ditanam di daerah Cina Selatan dan Asia Tenggara.

Delima berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Delima

Kandungan Nutrisi Buah Delima

Kandungan gizi delima / 100 gr

  • Energi 346 kJ (83 kcal)
  • Karbohidrat 18,7 g
  • Gula 13.7 g
  • Diet serat 4,0 g
  • Lemak 1,2 g
  • Protein 1,7 g
  • Thiamine (Vit. B1) 0.07 mg (5%)
  • Riboflavin (Vit. B2) 0,05 mg (3%)
  • Niacin (Vit. B3) 0,29 mg (2%)
  • Asam pantotenat (B5) 0,38 mg (8%)
  • Vitamin B6 0,08 mg (6%)
  • Folat (Vit. B9) 38 mg (10%)
  • Vitamin C 10 mg (17%)
  • Kalsium 10 mg (1%)
  • Besi 0,30 mg (2%)
  • Magnesium 12 mg (3%)
  • Fosfor 36 mg (5%) Kalium 236 mg (5%)
  • Seng 0,35 mg (3%)
Source: USDA Nutrient database

Manfaat dan Khasiat Buah Delima Bagi Kesehatan

  • Manfaat Bagi Jantung
    Jus buah delima merah memiliki dampak besar bagi kesehatan, terutama untuk kesehatan jantung, karena kandungan Punicalagin mampu menjaga arteri tetap fleksibel dan mengurangi peradangan pada lapisan pembuluh darah. Hal ini diketahui untuk mengurangi aterosklerosis, yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung. Delima merah menurunkan risiko penyumbatan dalam arteri yang dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah ke jantung dan otak. Dengan kata lain delima merah memiliki efek anti-aterogenik pada jantung. Delima merah juga mampu menurunkan jumlah LDL atau kolesterol jahat yang disimpan dalam tubuh dan meningkatkan jumlah kolesterol baik atau HDL.
  • Menjaga Kadar Gula Darah
    Meskipun delima merah mengandung fruktosa, hal ini tidak meningkatkan tingkat gula darah seperti halnya buah pada umumnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidak ada peningkatan yang signifikan dalam tingkat gula darah pasien diabetes yang minum jus delima merah setiap hari selama 2 minggu.
  • Menjaga Tekanan Darah
    Delima merah juga dikenal untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Juga mengurangi peradangan pembuluh darah pada pasien penyakit jantung. Serta mampu menjaga darah dari proses koagulasi dan membentuk gumpalan darah.
  • Perlindungan Dari Kanker
    Delima merah mampu menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dan penyakit lainnya. Kandungan tinggi antioksidan merangsang sel-sel darah putih untuk menetralkan racun di dalam tubuh sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat dan sehat. Asupan harian delima merah dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker pada kanker prostat. Selain itu juga dapat memblokir aromatase, enzim yang mengubah androgen menjadi estrogen, yaitu hormon yang memainkan peran penting dalam perkembangan kanker payudara.
  • Menenangkan Perut
    Delima merah digunakan dalam pengobatan diare dan disentri karena memainkan peranan penting dalam sekresi enzim yang membantu pencernaan. Pencampuran 1 sendok teh madu dalam segelas jus buah delima mampu untuk menyembuhkan masalah pencernaan.
  • Meningkatkan Kekebalan
    Jus delima memiliki sifat anti – bakteri dan anti – mikroba yang kuat yang membantu melawan virus dan bakteri dan meningkatkan sistem kekebalan kita. Delima juga secara signifikan mengurangi mikroba yang ditemukan dalam mulut yang bertanggung jawab atas gigi berlubang dan infeksi Staph. Sifat anti – mikroba delima merah juga merupakan penghambat penularan HIV. Dari semua buah-buahan, buah delima memiliki potensi tertinggi untuk menghambat penularan HIV.
  • Mencegah Anemia
    Anemia adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Karena delima merah mengandung zat besi sehingga dapat membantu mengatasi defisit sel darah merah dalam tubuh.
  • Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
    Manfaat Delima merah selanjutnya yakni mampu membantu kelancaran fungsi lambung, jantung dan hati. Tingginya jumlah serat dalam delima merah juga membantu untuk meningkatkan pencernaan dan mengatur gerakan usus. Karena tidak memiliki lemak jenuh atau kolesterol, sangat dianjurkan bagi mereka yang bertujuan untuk menurunkan berat badan.
  • Membantu dalam Regenerasi Tulang Rawan
    Delima merah bertindak sebagai penghambat pada enzim yang bertanggung jawab untuk merusak tulang rawan. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk pasien yang menderita osteoarthritis, sebuah kondisi kronis yang ditandai dengan kerusakan tulang rawan sendi. Studi yang dilakukan telah membuktikan penggunaan delima merah untuk mengurangi kerusakan tulang rawan, mengurangi gejala radang sendi dan peradangan tulang.
  • Baik Untuk Perawatan Prenatal
    Jus delima merah sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Ini adalah sumber besar dari sejumlah vitamin dan mineral termasuk asam folat yang merupakan elemen penting dari diet prenatal. Properti anti – inflamasi jus delima memastikan aliran darah yang sehat, yang penting untuk pengembangan keseluruhan janin. Kandungan kalium dalam jus ini juga dapat membantu mencegah kram kaki yang umumnya terkait dengan kehamilan. Bila dikonsumsi secara teratur oleh ibu hamil, diketahui untuk menurunkan resiko kelahiran anak prematur atau kelahiran bayi dengan berat badan lahir rendah.
  • Manfaat Anti Penuaan Dini
    Diet tinggi jus buah delima dapat membantu untuk memperlambat proses penuaan dengan mengurangi keriput dan garis-garis halus pada wajah yang disebabkan oleh paparan konstan sinar matahari. Delima merah juga bermanfaat untuk membantu mempertahankan regenerasi sel-sel kulit dan mencegah pigmentasi hiper dan terjadinya bintik-bintik gelap.
  • Cocok Untuk Semua Jenis Kulit
    Jus delima merah bekerja secara ajaib untuk kulit kering. Struktur molekul yang kecil menembus jauh ke dalam kulit untuk memberikan kelembaban yang cukup dan hidrasi pada kulit. Oleh karena itu bermanfaat untuk kulit kering dan teriritasi. Isinya asam punicic, asam lemak omega 3 membuat kulit terus terhidrasi dengan menyegel kelembaban. Jus delima juga bermanfaat bagi kulit rentan berminyak dan jerawat juga. Penerapan jus delima merah pada kulit berminyak mencegah pecahnya jerawat dan mengontrol produksi sebum.
  • Membantu Untuk Menyembuhkan Bekas Luka
    Delima merah membantu dalam regenerasi sel-sel di lapisan epidermal dan dermal kulit. Delima merah memiliki kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Delima merah juga melindungi kulit dari sinar matahari, luka bakar dan menyembuhkan kerusakan yang disebabkan pada kulit akibat paparan sinar matahari konstan .
  • Meningkatkan Tekstur Kulit
    Delima merah juga dikenal untuk memperpanjang umur fibroblas yang bertanggung jawab untuk produksi kolagen dan elastin yang mengencangkan kulit dan mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan. Kolagen dan elastin memberikan kekuatan dan dukungan pada kulit. Minum segelas jus delima setiap hari dapat memberikan kulit yang bercahaya .
  • Mencegah Kanker Kulit
    Delima merah mengandung anthocyanin dan tanin terhidrolisa yang memiliki fungsi sebagai antioksidan dan anti-kanker. Bila diterapkan secara langsung pada kulit, asam ellagic , antioksidan polifenol yang ditemukan dalam buah delima menghambat pertumbuhan kanker kulit.
  • Mencegah Rambut Rontok
    Minum jus delima secara teratur membantu memperkuat folikel rambut yang pada gilirannya mencegah rambut rontok, sehingga memberikan rambut penampilan yang sehat dan berkilau .
  • Manfaat Kesehatan Lainnya
    Sebuah asupan rutin jus delima merah mungkin membatasi timbulnya masalah neurologis seperti penyakit Alzheimer. Delima merah juga dikenal untuk melarutkan batu ginjal dan menyembuhkan disfungsi ereksi pada pria. Selain itu Delima merah mampu untuk menjernihkan suara yang serak serta menghindarkan tenggorokan dari kekeringan, membunuh cacing, anti-diare, menghambat pertumbuhan typhoid, mengendalikan penyebaran virus herpes simpleks, dan virus polio.
Sumber : http://grosiramazonplus.com/delima-merah-atau-red-pomegranate/

Wah.. ternyata banyak juga ya manfaat buah delima ini, sayangnya admin tidak punya pohonnya. Bagi yang punya benihnya boleh dong admin minta.. hehehe..







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.