Perbedaan antara Karburator dengan Injection

Diposkan oleh Adi Wijaya , in




Perbedaan antara Karburator dengan Injection -

Karburator dan injeksi dua kata ini mungkin tidak asing bagi kita. Dua teknologi yang diterapkan pada kendaraan bermotor ini memiliki beberapa perbedaan. Yang sering kita dengar bahwa teknologi injeksi lebih irit dari pada karburator mengapa?? Berikut adalah perbedaan injeksi dan karburator.


·         Karburator

Karburator adalah alat pencampur udara + bahan bakar dalam pembakaran di ruang bakar motor (pengkabutan) . jadi logikanya adalah jumlah pemasukkan bensin ditentukan dengan kevakuman yang terjadi didalam barrel dari karburator. Kevakuman ini akan sangat berbeda - beda tergantung dengan besarnya volume silinder dan kecepatan putaran mesin. Semakin besar kevakuman yang terjadi , maka akan semakin besar pula bensin yang terhisap masuk ke dalam ruang bakar.
Di Sepeda Motor karburator terutama motor bebek , jumlah bensin yang terisap masuk, belum tentu semuanya terbakar. Jadi tidak efisien, karena bahan bakar tidak terbakar , sehingga tidak ada tambahan tenaga. Selain itu bensin yang tidak terbakar ini akan menimbulkan asap yang berakibat pada polusi udara yang tidak baik. Untuk itulah maka teknologi injection mulai diterapkan pada kendaraan – kendaraan , khususnya dalam topik ini adalah sepeda motor.

·         Sistem Injeksi atau Fuel Injection

Sisteminjeksi atau fuel injection adalah sebuah sistem mekanis yang menggunakan teknologi pengontrol yang befungsi mengatur udara dan pasokan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran secara efektif dan efisien. Sistem injeksi ini telah dilengkapi dengan sensor yang akan mengatur jumlah udara dan bahan bakar yang telah tercampur secara homogen sesuai dengan kebutuhan dan keadaan mesin saat beroperasi.

·         Perbedaan Injeksi dan Karburator

Perbedaan antara Injeksi dan Karburator jika dengan teknologi injection , maka tidak ada bensin yang sia – sia saat terbakar di dalam ruang bakar , sehingga dapat menghasilkan tenaga yang maksimal. Selain itu juga emisi gas buang yang dihasilkan dari knalpot akan tetap ramah lingkungan , karena tak ada bensin yang tidak terbakar dalam proses pembakaran di mesin. Demikian info yang berkaitan tentang injeksi dan karburator semoga bermanfaat.









Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

1 komentar:

Lukman kakim

benarkah injeksi itu jika kehabisan bbm sama sekali .maka tak sembarangan mekanik yg bisa mengatasinya?

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.