Kandungan dan Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Diposkan oleh Adi Wijaya on Jumat, 12 April 2013 , in





Kandungan  dan Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan - 

Tak bosan-bosannya admin memposting tentang kandungan dan manfaat sesuatu terhadap kesehatan. Karena admin merasa bahwa hal tersebut perlu diketahui oleh semua orang. Sehingga kita bisa dengan bijak memanfaatkan segala sesuatu yang telah di sediakan di alam ini dengan sebaik-baiknya. Karena Tuhan pasti menciptakan  segala sesuatu pasti ada tujuan maupun manfaat bagi kita yang hidup di dunia ini. Untuk itu postingan kali ini juga tetap akan membahas mengenai hal tersebut, yaitu membahas mengenai kandungan dan manfaat dari kacang hijau. Kacang hijau adalah tanaman jenis tumbuhan yang termasuk polong polongan(fabaceae). Tanaman yang satu ini banyak tumbuh di dataran beriklim tropika. Tanaman yang biasa dijadikan bubur dan  isi makanan ini memang banyak mengandung vitamin dan protein. Berikut merupakan kandungan dan manfaat kacang hijau.


Kandungan Kacang Hijau 

  • Tinggi protein
    Kacang hijau merupakan sumber alternatif protein nabati. Kacang hijau mengandung protein tinggi sebanyak 7 gr/100 gr. Protein yang terkandung memiliki asam amino lengkap. Protein pada kecambah kacang hijau sudah berkurang jumlahnya yaitu hanya 3 gr/100 gr, tetapi asam aminonya sebagian dalam bentuk bebas yang cepat diserap tubuh.
  • Tinggi kandungan serat
    Kacang hijau memiliki kandungan serat yang tinggi sekitar 7,6 gr/100 gr. Kandungan serat ini mencukupi kebutuhan serat harian Anda sebesar 30%. Serat berguna untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi.
  • Rendah karbohidrat
    Karbohidrat yang terkandung dalam kacang hijau adalah 19 gr/100 gr.
  • Mengandung asam lemak esensial
    Asam lemak esensial yang terkandung dalam kacang hijau adalah omega-3 (0,9 mg/100 gr) dan omega-6 (119 mg/100 gr). Omega 3 merupakan asam lemak yang berguna untuk menurunkan kolesterol dalam darah.
  • Rendah lemak
    Sangat baik bagi orang yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menyebabkan bahan makanan atau minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah tengik, sebab kacang hijau hampir tidak mengandung lemak.
  • Kaya vitamin
    Kacang hijau mengandung asam folat dan vitamin B1 (thiamin) yang tinggi. Asam folat sebanyak 159 µg/100 gr dan thiamin sebesar 0,2 mg/100 gr. Selain itu juga kaya vitamin B lain, seperti riboflavin, B6, asam pantothenat, serta niasin. Vitamin yang terkandung didalamnya membantu meningkatkan energi dan metabolisme.
  • Kaya mineral
    Kacang hijau kaya akan mineral, dalam 100 gramnya mengandung seperti potasium (266 mg), phosphorus (99 mg), manganese (48 mg), kalsium (27 mg), magnesium (0,3 mg), besi (1,4 mg), zinc (0,8 mg), selenium (2,5 µg).
  • Kaya enzim aktif
    Kacang hijau yang sedang dalam masa perkecambahan. Kaya akan enzim aktif seperti amilase yang meningkatkan penyerapan dan pembentukan energi. Enzim ini rusak pada suhu diatas 400 C, hindari pemanasan dengan suhu tinggi.
  • Kaya antioksidan
    Kecambah kacang hijau memiliki kandungan fitosterol (15 mg/100 gr) yang berfungsi sebagai antioksidan.
Karena kandungannya banyak bermanfaat bagi tubuh,  kacang hijau banyak dikonsumsi, baik diolah menjadi bubur  hingga kecambahnya pun biasa digunakan untuk menu masakan. Berikut adalah manfaat dari kacang hijau.

Manfaat Kacang Hijau Bagi Tubuh


  • Kolesterol
    Apabila Anda menderita kolesterol tinggi maka Anda bisa menguranginya dengan mengkonsumsi kacang hijau setiap hari. Kacang hijau adalah makanan rendah kolesterol dan banyak mengandung serat yang mudah larut. Serat ini mengacu pada beberapa partikel makanan yang sulit dicerna. Serat makanan terdiri dari 2 macam: dapat larut dan tidak larut. Serat yang tidak larut membantu menormalkan buang air besar namun tidak banyak membantu dalam menurunkan tekanan darah.
  • Kanker Payudara
    Kacang hijau dan jenis kacang-kacangan lainnya mengandung zat yang dapat memerangi infeksi virus. Zat ini memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker tertentu termasuk yang ditemukan pada kanker payudara.
  • Pasca Menopause
    Kacang-kacangan seperti halnya kacang hijau mengandung nutrisi isoflavon. Nutrisi ini membantu pengaturan aktivitas hormonal. Isoflavon adalah kelompok phytoestrogen, membuat kacang hijau bersifat estrogenik secara alamiah. Kacang hijau mengandung kira-kira 495,1 mikro gram kandungan phytoestrogen membuat kacang hijau sumber phytoestrogen yang baik.
  • Diabetes
    Kacang hijau adalah makanan dengan indeks glikemik rendah, berarti ia makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabeters. Makanan dengan kadar glikemik rendah menyebabkan kadar gula yang sehat. Orang-orang yang mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah cenderung mempunyai tingkat lemak tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti halnya roti dan minuman ringan.
  • Protein
    Tiap cangkir kacang hijau mengandung kira-kira 3,16 gram protein. Sedangkan daging tetap merupakan sumber protein yang terbaik, yaitu 7 gram per ounce (= 28.35 gram), kacang hijau dan makanan sayuran lainnya mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan daging tertentu.


Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil
·         

  •  Asam folat
    Asam folat yang ada pada kacang hijau sangatlah baik bagi kesehatan, terutama ibu hamil. Mengapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan asam folat yang ada pada kacang hijau dapat membantu memaksimalkan perkembangan sistem syaraf serta mencegah kerusakan permanen pada bayi (cacat). Maka dari itu, sebaiknya ibu hamil dan menyusui sangat disarankan mengkonsumsi kacang hijau baik saat masa kehamilan atau sebelum masa kehamilan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan
  • Vitamin B1 dan B2
    Kedua vitamin ini, sangat berguna untuk memaksimalkan proses penyerapan protein, mencegah kecacatan pada fungsi saraf janin, mengoptimalkan pertumbuhan pada janin, dan membantu mengatasi serta menghilangkan rasa lelah, lesu dan letih
  • Kandungan protein yang tinggi
    Protein tersebut dapat membantu janin untuk berkembang secara optimal dan sempurna. Protein juga dapat mengurangi resiko cacat pada janin
  • Lemak
    Kandungan lemak yang terdapat pada kacang hijau sangat bermanfaat untuk memberikan cadangan makanan untuk tubuh, menjaga kestabilan suhu tubuh pada ibu hamil, dan melindungi organ-organ tubuh yang penting.
  • Karbohidrat
    Kacang hijau memiliki kandungan karbohidrat yang sangat kompleks yang mudah dicerna oleh tubuh. Karena itu ibu hamil akan lebih kuat dan tidak mudah lelah.
  • Kalsium dan fosfor
    Manfaat kacang hijau yang lainnya adalah untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang pada janin, selain itu juga untuk menguatkan tulang ibu hamil dan menyusui.


Oke sekian dulu informasi tentang kacang hijau semoga bermanfaat..

 






Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

1 komentar:

tya febriawati

tulisannya mohon izin di copy ya..

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.