Bika Ambon, Makanan Tradisional Khas Medan

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,



Bika Ambon Makanan Tradisional Khas Medan -
Bika ambon” apa yang anda pikirkan bila mendengar nama makanan yang satu ini?? Apakah kota Ambon atau Medan?? Yaa,. Makanan satu ini memang bukan berasal dari  Ambon melainkan berasal dari kota Medan. Nama bika “ambon” sendiri didapat karena pertama sekali dijual & popular di simpang Jl Ambon – Sei Kera Medan. Sedangkan “bika” terilhami dari Kue khas Melayu yaitu Bika atau Bingka. Selanjutnya dimodifikasi dengan bahan pengembang berupa Nira/Tuak Enau hingga berongga & berbeda dari kue Bika atau Bingka khas Melayu itu. Sampai saat ini bika ambon terkenal sebagai buah tangan khas Medan. Namun bagi anda yang penasaran dengan kue yang satu ini tapi sulit untuk mendapatkannya, ada baiknya mencoba resep berikut.
Resep Dan Cara Membuat Bika Ambon


Bahan Biang:

100 gram tepung terigu protein sedang
125 ml air
1 bungkus ragi instan

Bahan:
 
300 ml santan dari 1 butir kelapa
1/2 sendok teh kunyit bubuk
15 lembar daun jeruk, sobek-sobek
2 batang serai, memarkan
2 lembar daun pandan
1 sendok teh garam
300 gram gula pasir
225 gram tepung sagu tani
25 gram tepung ketan
7 butir telur

 
Cara Membuat :
 

  1. Aduk rata bahan biang. Diamkan 15 menit.
  2. Rebus santan, kunyit bubuk, daun jeruk, serai, daun pandan, garam, dan gula pasir sambil diaduk sampai mendidih. Saring. Ukur 450 ml.
  3. Campur tepung sagu tani, tepung ketan, dan biang. Uleni dengan mixer baling – baling spiral sampai rata.
  4. Tambahkan telur satu persatu sambil diuleni rata menggunakan baling – baling mixer spiral.
  5. Masukkan rebusan santan hangat sedikit-sedikit sambil dikocok perlahan dengan baling - baling mixer telur selama 15 menit. Diamkan 2 jam.
  6. Panaskan cetakan kue lumpur dengan ditambah kelapa parut sampai berminyak. Buang kelapanya dan bersihkan dengan lap bersih.
  7. Panaskan kembali cetakan dengan api besar. Tuang adonan sampai setinggi 3/4 cetakan. Kecilkan api. Biarkan sampai berlubang-lubang. Tutup dan biarkan sampai matang.
Namun bagi anda yang kurang menyukai rasa original bika ambon dapat mencoba mebuat bika ambon dengan rasa capucinno. Yaitu dengan menambah 2 sachet capucinno bubuk pada tahap nomor 2 diatas.


Oke. selamat Mencoba kawan…








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.