Manfaat dan Bahaya Jengkol Bagi Kesehatan



Manfaat dan Bahaya Jengkol Bagi Kesehatan -
Apakah anda mengenal buah yang satu ini??? Yaa..jengkol atau Archidendron pauciflorum tentu buah yang satu ini begitu familiar ditelinga kita. Buah yang memiliki aroma khas ini tak jarang dijadikan lalapan bahkan sayur favorit bagi masyarakat indonesia. Nahh ..bagi anda penggemarjengkol perlu tau tentang manfaat dan bahaya mengkonsumsi jengkol. Untuk itu mari kita lihat ulasan berikut :


Bahaya Mengkonsumsi Jengkol Telalu Banyak
·        

  • Jengkol mengandung asam jengkolat atau jengkolic acid, ini satu-satunya nama ilmiah yang pakai bahasa Indonesia. Asam jengkolat bersifat sama dengan uric acid (asam urat), yang dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kristal-kristal dalam urine.
  • Asam jengkolat (jengkolic acid) adalah sejenis asam amino yang terkandung dalam biji jengkol. Endapan asam jengkolat membentuk kristal berujung runcing yang bisa melukai pembuluh darah di ginjal dan saluran kencing.
  • Inilah sebabnya mengapa orang yang sering makan jengkol akan jarang buang air kecil. Bila dibiarkan terus-menerus bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal.
    Kencingnya tidak bisa keluar karena mengalami retensi urine, atau sering juga disebut kejengkolan.
  • Untuk mengatasinya, asam jengkolat bisa larut dengan menggunakan bikarbonat yang bersifat basa.
    Jadi kalau habis makan jengkol minum air putih yang banyak atau minum soda agar tidak terjadi retensi urine,


Gejala - Gejala Jengkolan
 
Orang yang kejengkolan atau keracunan jengkol bisa mengalami gejala berikut :

  • Merasakan nyeri perut
  • Mual-muntah
  • Susah buang air kecil atau disebut juga 'anyang-anyangan'.
  • Pada tingkatan yang lebih parah, volume air kencing yang dikeluarkan berkurang dan kadang-kadang disertai bercak darah. 

Namun buah ini juga banyak manfaatnya bila dikonsumsi tidak berlebihan tentu manfaatnya akan banyak kita perolerh seperti :


Manfaat  Jengkol Bagi Kesehatan  
  1. Protein
    Protein yang terkandung dalam makanan berbau khas ini ternyata cukup tinggi yaitu 23,3g dari 100g bahan. Nilai protein nabati ini lebih tinggi dari makanan lain seperti kedelai dan kacang hijau. Protein akan mengganti sel-sel yang sudah usang di tubuh kita, membentuk jaringan baru, berperan dalam sistem hormon, membentuk kecerdasan, dan lain-lain. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari konsumsi makanan tinggi protein. Jadi, jengkol perlu diperhitungkan.
  2. Zat besi
    Zat besi tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dalam pembentukan hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen dan karbondioksida. Oleh sebab itu, mineral ini sangat penting dalam pernafasan sel tubuh. Jika anda kekurangan zat besi, maka pengangkut oksigen akan berkurang sehingga tubuh menjadi lemas, lesu, pucat, dan lemah. Coba bayangkan jika anda tidak bernafas selama 10 menit, pasti akan lemas dan sedikit megap-megap. Seperti itu juga gambaran pernafasan sel kita yang kekurangan oksigen. Jengkol mengandung 4,7g zat besi per 100g bahan. Jadi, makan jengkol bisa membuat hidup anda lebih bergairah.
  3. Kalsium
    Kadar kalsium dalam jengkol adalah 140mg/100g bahan. Kalsium akan menjaga tulang anda dari pengeroposan. Makanan ini juga baik dikonsumsi ibu hamil dan menyusui yang membutuhkan kalsium dalam jumlah besar.
  4. Fosfor
    Fungsi fosfor hampir sama dengan kalsium yaitu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jumlah fosfor dalam jengkol sekitar 166,7mg/ 100g bahan. Mari kita cegah gigi berlubang dan pengeroposan tulang dengan konsumsi jengkol.
  5. Vitamin
    Vitaman yang bisa ditemukan dalam makanan berwarna kecoklatan ini antara lain vitamin A, B1, B2, dan C. Kandungan vitamin A pada jengkol sekitar 658mg/100g bahan. Vitamin A akan membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin B2 akan membantu penyerapan protein, sedangkan vitamin B1menjaga kepekaan syaraf. Jengkol mengandung 80mg vitamin C tiap 100 gramnya. Vitamin C adalah antioksidan yang akan melawan radikal bebas dalam tubuh sekaligus penangkal virus dan bakteri. Selain itu vitamin C juga berperan dalam penyerapan zat besi. Jadi mengonsumsi jengkol bisa mengoptimalkan kadar hemoglodin darah karena mengandung zat besi sekaligus vitamin C.

SoO ..Setelah mengetahui beberapa manfaat jengkol, maka penggemar makanan ini bisa sedikit tersenyum. Jengkol memang makanan kontradiktif yang bernilai gizi tinggi sekaligus mengganggu lingkungan dengan baunya. Bau tak sedap pada jengkol ini berasal dari sulfur yang terkandung dalam asam amino. Saat dikunyah, jengkol akan menjadi komponen kecil yang menyebarkan bau tak sedap.
Untuk itu konsumsilah secukupnya..kann sesuatu yang dikonsumsi secara berlebih itu tidak baik.







21 komentar:

OrbitPedia Blog said...

wih, ane suka banget nih ama jengkol.. apalagi yang namanya sambel goreng jengkol yang pedes banget..

tapi kalo ngerti bahaya pas mkan keseringan ane kurangi deh,,

Anonymous said...

bagus!! apresiasi yang besar untuk Mas Adi

Anonymous said...

Saya juga seneng dengan buah ini.

Anonymous said...

Thx infonya...

Anonymous said...

Aku bbrp minggu ini selalu makan jengkol, dan skg mulai anyang anyangan. Bener juga sih resikonya

yes said...

Tanks infonya, izin copy yach !

Fuadi Munzir said...

Makan jengkol yg normal itu berapa buah sehari? Kalo saya paling hanya 3 buah / hari

Anonymous said...

amazinggg...

Unknown said...

he he heeku juga suka jengkol, sekarang ini sy makan sambel jengkol... yahhh tentunya ya dak berlebihannnn apalagi sekarang tau bahayanya.... selain manfaatnya yang besarr.

Anonymous said...

Apa ada yg lbh nikmat dari jengkol? Anyway thx mas Adi

alul said...

Mantabbbb jengkol mengalahkan segalanya apah lg goreng jengkol nambah terus

Unknown said...

Saya kaau mkan pakai balado jengkol pinginnya nambah teruss.. aalgi sudah memasuki musinm penghujann.. jengkol mantablah.. txs infonyayaa saudara

manfaat buah sirsak said...

terima kasih infonya,,,akan saya sampaikan ke ibu saya biar di beliin jengkol gan,,,hehehe :)

my knowledge said...

Wihh, banyak manfaatnya yah,... Memang sesuatu yg berlebihan itu tidak baik, thks share info dan ilmu nya brother.... Sangat bermanfaat :)

semur jengkol said...

wah, mantab nih informasinya
tapi sebenernya jengkol itu buah apa sayur sih?

Sehat jiwa dan raga said...

Terimakasih ternyata banyak manfaat jengkol yah,,,

Unknown said...

trnyta bnyk jg manpaat mkn jngkol.. he.. alhmdllh suka bgt sama jngkol.. walau aroma nya bau menyengat haha

Rohman said...

Iseng - iseng cari artikel tentang bahaya jengkol mas buat ngasi tau istri, istri saya demen banget sama jengkol.. tp saya g sama sekali... kalo dia dh masak jengkol hadeh...terpaksa de saya nyeplok telor aja..

Asmaran Datunj said...

Untuk mengatasi kejengkolan, selain minum minuman yg bersoda, kejengkolan jg bisa diatasi dg cara meminum rebusan kulit pohon jengkol

Unknown said...

Saya memang suka jengkol,tapi tiap makan sikit aja udah mau berhenti makannya. Kek mau buang ludah truss saya dibuatnya,,klo boleh tau knapa bisa gtu yahh,, lebih lahap makan pete dari jengkol ni aku gan..

Unknown said...

Saya memang suka jengkol,tapi tiap makan sikit aja udah mau berhenti makannya. Kek mau buang ludah truss saya dibuatnya,,klo boleh tau knapa bisa gtu yahh,, lebih lahap makan pete dari jengkol ni aku gan..