Manfaat, Kandungan Serta Khasiat Wortel

Diposkan oleh Adi Wijaya , in



Manfaat, Kandungan dan Khasiat Wortel
Wortel (Daucus carota) sayuran yang satu ini memang terkenal kandungan gizinya. Diantara  sayuran yang lainnya mungkin wortellah yang paling banyak digemari anak anak karena tekstur dan warnanya  serta rasa sedikit manis. Tidak salah jika ibu ibu dirumah sering mencampurkan wortel kedalam menu masakan nya. Namun tahukah anda apa saja kandungan dan manfaat wortel.


Manfaat dan Khasiat  Wortel

  1. Mencegah Penyakit kanker. Kandungan falcarinol yang terdapat di dalam wortel ini merupakan senyawa yang mampu mencegah penyakit kanker sekaligus sebagai senyawa anti kanker.
  2. Dapat Menyehatkan Kulit. Vitamin A yang terdapat di dalam buah wortel ini mampu menyehatkan dan mencerahkan kulit anda. Selain itu, wortel juga mampu menghilangkan bercak hitam atau yang biasa disebut dengan flek hitam pada wajah.
  3. Menjaga Kesehatan Mata. Wortel sudah sangat terkenal dapat menjaga kesehatan mata, vitamin A yang terkandung dalam wortel inilah yang sangat baik untuk kesehatan mata.
  4. Membuat Awet Muda. Beta karoten yang terdapat pada buah wortel ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh kita untuk melawan pengaruh negatif dari radikal bebas. Untuk itu wortel sangat baik dikonsumsi agar terhindar dari beberapa penyakit.
  5. Mampu Mencegah Stroke. Ada sebuah penelitian terbukti bahwa wortel mampu menurunkan resiko terserang penyakit stroke. Cukup hanya dengan mengkonsumsi wortel sebanyak 6 buah setiap hari. Bagi yang jarang mengkonsumsi wortel, mungkin ini akan berat.
  6. Wortel juga bermanfaat untuk menurunkan kloesterol, minum air parutan/jus wortel kemudian minum rutin setiap hari. Untuk menurunkan kolesterol, konsumsi air wortel ini pun harus rutin.
  7. Mencegah Penyakit Jantung, karena wortel sangat bermanfaat untuk menurunan kolesterol, maka wortel juga dapat mencegah penyakit jantung.

Kandungan Wortel
­        

  • Nilai Kandungan gizi Wortel per 100 g (3.5 oz)
  • Energi 173 kJ (41 kcal)
  • Karbohidrat 9 g
  • Gula 5 g
  • Diet serat 3 g
  • Lemak 0,2 g
  •  Protein 1 g
  • Vitamin A equiv. 835 mg (93%)
  • Beta-karoten 8285 mg (77%)
  • Thiamine (Vit. B1) 0.04 mg (3%)
  • Riboflavin (Vit. B2) 0,05 mg (3%)
  • Niacin (Vit. B3) 1.2 mg (8%)
  • Vitamin B6 0,1 mg (8%)
  • Folat (Vit. B9) 19 mg (5%)
  • Vitamin C 7 mg (12%)
  •  Kalsium 33 mg (3%)
  •  Besi 0,66 mg (5%)
  • Magnesium 18 mg (5%)
  • Fosfor 35 mg (5%)
  • Kalium 240 mg (5%)
  • Sodium 2,4 mg (0%)


SoO.. bagi ibu ibu dirumah tidak usah ragu lagi untuk menyajikan makanan dengan bahan dasar wortel,karena kandungan yang baik untuk tubuh banyak terdapat dalam wortel. Sekian dulu infonya, semoga bermanfaat.







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

1 komentar:

eko wahyudi

Wah mantep ny postny ngan. .buat nambah" ilmu. .hehehe

jgan lpa mampir ngn
www.kawancreative.blogspot.com

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.