Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

45
Diposkan oleh Adi Wijaya , in



Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan -

Pisang (Musa paradisiaca )..buah yang satu ini sangat populer  dikalangan kita, selain karna mudah didapat , murah, buah ini juga banyak kandungan vitaminnya. Pisang (Banana) adalah pohon jenis Terna (pohon dengan batang yang lunak dan tidak berkayu) dari suku Musaceae dengan batang yang kuat, dan daun-daun yang besar memanjang dan berwarna hijau tua. Buah pohon ini nampak dalam bentuk sisir-sisir, yang tiap sisirnya berisi (10 20) pisang, dan dalam buahnya tidak terdapat biji. Pisang  merupakan buah dengan sumber gizi yang hampir sempurna karena pisang mengandung nutrisi enam yaitu: air, gula, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Dan berkat tingginya nilai gizi yang dikandungnya, maka ia telah menjadi makanan penting (pokok) bagi banyak orang. Konon buah ini berasal dari asia tenggara kemudian buah ini mulai menyebar ke benua bagian barat. Dan perlu diketahui bahwa indonesia merupakan salah satu negara penghasil pisang terbanyak, yaitu pada urutan ke empat dunia. Dalam pisang terkandung banyak serat dan beberapa  vitamin seperti :

Kandungan Pisang

Pisang mengandung (68%) air, (25%) gula, (2%) protein, (1%), lemak dan minyak, (1%) serat Selulosa. Sebagaimana juga ia mengandung pati dan asam tanin, vitamin A (300 IU per seratus gram), vitamin B dengan berbagai jenisnya; B1, B2, B 6, dan 12 (100 mg per seratus gram), persentase yang cukup dari vitamin D, dan sedikit Vitamin Z. Dan pisang juga mengandung Kalsium (100 mg per seratus gram), Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng.


Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

  • Meningkatkan kekebalan tubuh
    Vitamin A, C, dan B6 yang terkandung dalam pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.
  • Obat hipertensi (tekanan darah tinggi)
    Kandungan kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah terkendali. Kandungan seratnya yang mampu mengikat lemak dapat mencegah terbentuknya plak yang berdampak naiknya tekanan darah.
  • Mencegah penyakit jantung
    Vitamin C dan flavonoid pada pisang yang bersifat antioksidan mencegah oksidasi lemak penyebab penyakit jantung. Kaliumnya merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.
  • Kesehatan janin
    Ibu hamil disarankan makan pisang karena kandungan asam folatnya mudah diserap janin.
  • Mengatasi anemia (kurang darah)
    Buah ini juga mengandung zat besi. Dua buah pisang setiap hari, cukup membuat penderita anemia terselamatkan.
  • Mengatasi gangguan pencernaan
    Pisang memiliki khasiat antasida serta mudah dicerna sehingga baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung. Penelitian di Inggris terhadap hewan coba, hewan yang diberi makan pisang, dinding lambungnya menjadi lebih kuat. Untuk itu pilihlah pisang yang manis seperti pisang raja. Serat pada pisang melancarkan buang air besar. Vitamin B6-nya membantu meredakan gejala diare.
  • Menurunkan berat badan
    Karbohidrat kompleks tidak menaikkan kadar glukosa dengan drastis; juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Asalkan, pisang tidak diolah dalam bentuk banana milk shake, pisang goreng, ataupun kolak. Serat pada pisang juga menurunkan berat badan karena melancarkan proses metabolisme.

Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Wanita yang tengah hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadi cacat bawaan.Sebuah pisang matang, akan mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram dapat terpenuhi. Di samping itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk cemilan ibu hamil.









Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

45 komentar:

KBG

Thanks info manfaat buah pisang bermanfaat sekali,...

terbaru6

thx gan tuk infonya..hehehhe

Nutrisi Buah Pisang

ternyata buah pisang kaya akan manfaat...

kia

enak dan bergizi

mantau

Nice info, salam kenal :D

kerudung moderen

paling suka emang buah yang satu ini.,.,bikin dingin diperut

abdul wahid

Wow ternyata pisang besar sekali mamanya, thanks atas. Infonya

Didit W

makasih infonya sob,..kebetulan saya suka dengan buah pisang

junaidi alimunar

Maksih kasih infonya... pisang meningkatkan daya tubu.... ini sangat membantu kesehatan saya...

Yuli

terimakasih informasinya yang sangat bermanfaat

Rahasia Hidup Sehat

ternyata buah pisang banyak manfaatnya juga yah sob, mulai sekarang saya mau sering-sering makasn pisang ah :)

Anonim

mantap infox gan. . . .

budi os 19

Ini mencakup utk semua jenis pisang...atau jenis pisang tertentu aja mas.. :)

DP arsitek

sudah sebulan terakhir saya selalu makan pisang.. tiap hari.. pisang susu, pisang kepok, pisang tanduk.. wow, badan berasa lebih sehat.. ternyata pisang kaya gizi. thanks infonya..

yudhistira kusuma

Masukkan komentar anda...

Eneng

Informasinya bermanfaat sekali gan. terimakasih banyak udah berbagi pengetahuannya tentang manfaat buah pisang

Tubuh Sehat 1001

ane suka olahan pisang diiris tipis trus digoreng kering,,bisa abis satu toplas ane klw ngemil tuh pisang :)

Anonim

Pisang makanan favorit aku :D murah dan besar manfaatnya , beruntung bgt hobi makan pisang :D

kharisma

thanks ats infox...

inkesehatan

jenis pisang yng paling banyak mengadung vitamin dan serat pisang apa mas?

Eri kurniawan

semoga mendapatkan perhatian dari pemerintah, betapa banyaknya mamfaat pisang buat kesehatan.....

adi mulya

Sangat brmanfaat, terima kash....

Dony Wicaksono

ternyata pisang selain enak juga banyak manfaatnya..

didi kempot

pisang ambon sangat bagus untuk ibu hamil,,,

Queenara putri

saya juga sangat suka pisang..apalgi setelah tahu manfaatnya.

Manfaat Kesehatan

Terimakasih atas informaisnya :)

Sehatol

apakah semua jenis buah pisang sama manfaatnya? misal pisang raja dengan pisang kepok

Hasehaton

manfaat buah pisang memang sangat banyak juga ya, kira kira pisang apa yang paling banyak manfaatnya mas.?

Anonim

Ternyata memang benar buah pisang bagus untuk program diet selain banyak vitaminya buah pisang membuat saya cepat kenyang

Tips kesehatan

selain rasanya yang enak..ternyata manfaatnya juga luar biasa.

Buletin Sehat

Rasa kesat pada pisang bermanfaat untuk masalah pencernaan, terutama pisang raja cere :).

KangTips | Berbagi tips Kesehatan

wah ternyata didalam pisang terdapat banyak manfaat ya

Sehat Alami

Saya biasanya rutin makan pisang, emang dampaknya bagus sih buat kesehatan.

temanku

Saya suka makan pisang karena manis, eh ternyata bayak manfaatnya juga

cara membuat rumah

M YASER

Kami dari team kesehatan merasa sangat bermanfaat atas informasi yang anda berikan. Terima kasih atas informasinya dan kunjungi juga situs kami untuk membuka wawasan anda mengenai masalah kesehatan lainnya disini : http://www.bisikansehat.com/

Kami juga menunggu komentar anda yang relavan. Salam Bisikan Sehat

CumanInfo

Banyak sekali gizinya

Norafila

makasih infonya,sangat berguna sekali.

Tani Media

terimakasih, kunjungi juga mediatani.com untuk menambah pengetahuan bercocok tanam.

selimut

bergizi tp mudah bikin ngantuk...^_^

Muhammad Sidiq

sangat terbantudengan artikelnya!

Mas Adn

Artikel nya memang baaaguuus baaangeeet ssssip

Nellia cuteabis

terimakasih infonya,sangat bermanfaat
www.cantiknelia.ga

Anonim

Ada gak literatur/jurnal nya mas bro keterangan di atas? Jd kita bisa 100% percaya.. tp so far, sangat bermanfaat infonya, thanks

aep

pisang matang tanpa olahan lebih bermanfaat drpd pisang olahan y.

Asdar B

Pisang ambon bermanfaat tuk ibu hamil
Nyong ambon manfaat tuk para wanita lajang.

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.