Kelebihan dan Kekurangan BlackBerry

3
Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,




Kelebihan dan Kekurangan Blackberry -
Perkembangan Blackberry smartphone di Indonesia sangat pesat. Hampir semua kalangan baik dewasa ,remaja hingga anak anak menggunakan handphone pintar ini. Baik karena fungsi yang terdapat didalamnya hingga hanya untuk sekedar bergaya. Namun di balik itu semua terdapat kekurangan maupun kelebihannya. Seperti  berikut ini :

Features 
  1. System full backup/recover sebagian maupun sepenuhnya mempermudah user dalam membackup data2 penting
  2. Ketika mengganti unit blackberry baru, anda cukup menggunakan fungsi change device dan data-data penting beserta setting dan 3rd party software (jika compatible) tercopy dengan mudah ke device blackberry baru.
  3. Fungsi Autotext, anda tinggal mendefine keyword lalu mengasosiasikan dengan isi pengganti yang biasanya berisi text/character yang panjang, dan digunakan dengan mengetikan keyword, maka isi pengganti akan menggantikan keyword tersebut.
    semisal, anda mendefine autotext home, ketika anda ketik, digantikan dengan alamat lengkap, rt-rw,phone,kodepost dlsb yang anda inginkan.
  4. fungsi search sangat powerfull untuk menemukan di field manapun dari nama, subject bahkan content, sehingga membantu kita menemukan hal yang kita cari.
  5. profile pada blackberry sangat flexible, untuk setiap account email, sms,mms,phone,facebook dlsb dapat diatur ringtone/vibrate dan led signnya
Multimedia
  1. Fungsi BBM (Blackberry Messenger) yang mampu membuat chatting kita nyaman dengan tidak hanya menyediakan fungsi chatt type, namun juga send type dan rekaman sebesar 10Kb – membantu sekali saat sedang tidak bisa mengetik pesan dan tinggal merekam ucapan sekitar 5 Detik dan mengirimkan kepada lawan chatt kita.
  2. Pada fungsi baru di OS versi 5.0 nanti bahkan terintegrasi dengan fungsi SMS dan dapat mengirimkan pesan lokasi dlsb.
  3. customize theme yang buat user level advanced dapat dengan mudah membuat dan mendesign rancangan theme sendiri sesuai kebutuhan, yang diperlukan hanya image editing software dan idea.
  4. Fungsi geotag pada blackberry ber-GPS, membantu foto2 yang kita ambil berisi informasi lokasi foto diambil, bisa dibuat teka-teki, kemana rekan kita berada dengan mengecheck lokasi GPS melalui informasi Geotagnya.
  5. Tampilan akses multimedia ke video, audio, gambar dan rekaman terintegrate dan sangat sederhana, sehingga cepat diakses dan nyaman digunakan.
Security

1.      Pengguna smartphone BlackBerry dapat meningkatkan keamanan pesan email mereka dan melindungi data yang disimpan di smartphone, termasuk file-file di kartu media.
2.      Smartphone BlackBerry juga dapat membantu pengguna menjadi cerdas dengan aplikasi mereka. Terdapat kontrol-kontrol otomatis dan opsional yang dapat mencegah penginstalan aplikasi yang mungkin membahayakan smartphone BlackBerry dan membatasi aplikasi apa saja yang dapat mengakses smartphone tersebut

Namun smartphone juga memiliki kelemahan kelemahan yang patut dipertimbangkan. Mulai dari Sistem pendukung yang  dijual cukup mahal hingga kelemahan pada sistem yang telah tertanam di dalamnya. Berikut adalah kekurangan pada smartphone.

Kelemahan Blackberry

Features

1.      Fungsi rekaman native (voice recorder) berkemampuan jelek dan hanya mampu merekam 10 menit dan dalam format yang tidak umum (seperti mp3,wav dlsb), software pengganti belum banyak dan hanya VR+ dari shapeservice yang dijual cukup mahal (meskipun ada versi lite dengan keterbatasannya).
2.      pada blackberry qwerty,spell check yang membantu pengecheckan kesalahan ketik HANYA dapat berjalan jika selesai diketik semua. Padahal kesalahan ketik seharusnya dapat kita check saat melakukan pengetikan.

Software

  1. Seluruh 3rd party software terinstall bersama pada memory internal, sehingga dengan memory internal (RAM) blackberry yang terbatas, tidak banyak software 3rd party yang dapat diinstall (terutama pada blackberry type lama), meskipun sudah tersedia software yang dapat memindahkan instalasi 3rd party software pada memory card – saat digunakan program 3rd party tetap di load di internal memory (RAM).
  2. Software 3rd party yang terinstall tidak otomatis terbackup saat kita melakukan backup, harus dilakukan trick khusus untuk membackup 3rd party software ini. kecuali anda bersedia menginstall kembali 3rd party software setelah anda melakukan upgrade/downgrade OS.

Email

  1. Synchronisasi antara email di blackberry dan server, terutama untuk email yang sudah kita delete di blackberry sering tidak bekerja dengan baik, sehingga sering kali email yang sudah kita delete di blackberry dan kita purge serta reconsile (dari menu Reconsile), tetap tertarik di mail client PC/Laptop kita, tentunya hal ini menjengkelkan karena kita harus memeriksa kembali mana email yang harus di delete kembali maupun yang tidak kita delete di blackberry untuk kita arsipkan di mail client PC/Laptop kita.
  2. Size file yang bisa dikirim dan diterima maximal 2.9Mb.

Browser

  1. Browser bawaan blackberry tidak sempurna menampilkan webpage ber-javascript dan animasi, bagi yang ingin menggunakan klikbca.com misalnya, harus menggunakan 3rd party software MiniOpera untuk mengatasi masalah ini.
Sebelum  menggunakan teknologi ada baiknya kita memeriksa spesifikasi apa saja yang ada di dalamnya jangan hanya melihat lebih nya saja namun kita perlu mengoreksi kekurangannya juga.










Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

3 komentar:

wawan munadi

Mesti daftar paket bb yg mahal dan ribet.tidak bisa putar youtube meski sudah full servis,kena biaya tambahan mahal bila putar youtube

panaspanasan

Iya bro, kalau mau yang murah bisa pakai xl kok, hanya 25 ribu / bulan

Lela Alel

aon cuma 20k/bulan kok. full serpis smua bsa unlimitit :3