Penyebab, Gejala, Pencegahan Serta Pengobatan Penyakit Tifus / Tipes / Typus

20
Diposkan oleh Adi Wijaya on Senin, 01 April 2013 , in ,



Penyebab, Gejala, Pencegahan Serta Pengobatan Penyakit Tifus / Tipes / Typus -
Pernah mengalami sakit yang satu ini ? kalo admin sendiri alhamdulliah belum pernah dan semoga ga akan pernah.. hehe, tapi kerabat maupun sahabat admin banyak yang terserang oleh penyakit yang satu ini.. dan melihat kondisi para penderita tifus admin sangat kasihan, mereka lemas tak berdaya.. ^_^ . namun sebenarnya apa itu penyakit tipes/tifus, apa penyebab bisa terserang tifus, dan bagaimana gejala dan cara penyembuhannya.. untuk itu mari kita kupas tuntas mengenai penyakit yang satu ini.


Tifus dapat mengacu kepada beberapa hal berikut:


  • Demam tifoid, penyakit yang sering ditemukan di Indonesia yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica.
  • PenyakitRickettsia (typhus), penyakit yang disebabkan oleh bakteri genus Rickettsia yang disebarkan oleh kutu.


Demam tifoid, atau typhoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica, khususnya turunannya yaitu Salmonella Typhi. Penyakit ini dapat ditemukan di seluruh dunia, dan disebarkan melalui makanan dan minuman yang telah tercemar oleh tinja.
Penyakit Rickettsia atau tifus adalah berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri familia Rickettsiae. Penyakit ini disebarkan oleh arthropoda, khususnya kutu, tungau, dan caplak. Tiga jenis typhus utama adalah tifus epidemik, tifus endemik, dan tifus belukar. Jenis lain tifus yang juga sering ditemukan adalah penyakit Brill-Zinsser, yang merupakan tifus epidemik yang muncul kembali setelah bertahun-tahun sembuh. Tifus epidemik dan penyakit Brill-Zinsser disebabkan oleh bakteri  

Rickettsia prowazekii. Tifus epidemik disebarkan oleh kutu badan. Tifus endemik disebabkan oleh bakteri Rickettsia typhi, yang disebarkan oleh kutu. Tifus belukar disebabkan oleh bakteri Rickettsia tsutsugamushi (dahulu bernama Orientia tsutsugamushi), dan disebarkan oleh tungau dan caplak. Jenis tifus lainnya antara lain demam berbintik gunung Rocky, Rickettsialpox, demam Boutonneuse, tifus caplak Siberia, tifus caplak Australia, dan demam berbintik Oriental.

Gejala Demam Tifoid


Setelah infeksi terjadi akan muncul satu atau beberapa gejala berikut ini:

  • demam tinggi dari 39° sampai 40 °C (103° sampai 104 °F) yang meningkat secara perlahan
  • tubuh menggigil
  • denyut jantung lemah
  • badan lemah
  • sakit kepala
  • nyeri otot myalgia
  • kehilangan nafsu makan
  • konstipasi
  • sakit perut
  • pada kasus tertentu muncul penyebaran vlek merah muda


Cara Penularan Tipes/Tifus


  • Melalui makanan atau minuman yang sudah tercemar oleh bakteri Salmonella. Pada penderita Tifus, terdapat bakteri samonella pada aliran darah dan usus yang kemudian akan dikeluarkan melalui kotoran.
  • Penderita dapat menularkan penyakit ini apabila penderita meyajikan, dan memasak makanan atau memegang barang-barang yang biasanya digunakan untuk makan tanpa mencuci tangan dengan bersih terlebih dahulu.
  • Bisa juga disebabkan karena air yang diminum atau yang dipakai untuk mencuci pealatan makan seperti piring, gelas dan sebagainya atau mencuci sayur dan buah-buahan sudah tercemar oleh bakteri.


Cara Perawatan Penyakit Tipes/Tipus

Penyakit ini bisa diatasi dengan Antibiotika, seperti ampicillin, kloramfenikol, trimethoprim-sulfamethoxazole, dan ciproloxacin yang sering digunakan untuk merawat demam tipoid di negara-

Dan Admin menyarankan jika ada teman atau kerabat yang terserang penyakit ini, harap segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut dan mengurangi terjadinya kondisi yang lebih parah.

(Referensi : Wikipedia dan berbagai Sumber) 








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

20 komentar:

dhimas sh

mantab gan..
Kbetulan ane lg nyari2 gejala tipes..

gejala penyakit

Makasih infonya mas bro..

Anonim

makasih

taniabelle

Kebetulan sudah 3 hari ini saya divonis terkena gejala typus. Sdh bolak balik kedokter tp demam msh naik turun.. Badan rasanya ky abis digebugin orng 1 rt. Perut apalagi,mualnya minta ampun. Dan dibadan jg muncul bintik2 merah Tp gak timbul. Pertanyaan saya, apakah penyakit yg saya alami ini msh sebatas gejala typus atau memang sdh terkena typus? Butuh berapa lama untuk sembuh total? Kalau sdh sembuh apakah ada kemungkinan untuk kambuh lagi??
Mohon penjelasannya. Trimakasih.

Anonim

Bung Admin, artikel anda Cukup bagus tapi, ada satu yg kurang ttg Pencegahannya tidak dijelaskan detil.
Apakah anda membuka sesi tanya jawab? Jika tidak mohon dijelaskan/disarankan kepada penanya sebelumnya.
Terima Kasih

jeng jing

trimakasih

Anonim

that's good......!

mia widianti

hmm ternyata gejala nya jarang kita sadari bahwa itu gejala tipes ya

febrigasty

Terimakasih atas sajian informasi yang saudara berikan semoga dapat bermanfaat bagi sesama amin, slam sehat,

febrigasty

Terimakasih atas sajian informasi yang saudara berikan semoga dapat bermanfaat bagi sesama amin, slam sehat,

Abed Saragih

Mas kalau bagian perut panas gitu apa bisa dikatakan gejala tifus mas?

hendiyana gamat gold-g

thank atas infonya gan

Anonim

kalo gejala2 tersebut cuma berlangsung selama 1hari apa masih bisa disebut gejala typus atau yg lain??

Anonim

pagi tadi saya coba priksa k dokter, diagnosa awal katanya ISPA, biar gak ragu akhire dicek darah. positif typus 1/320. udah 3 malam n siang sih kdg bdan saya terasa rontok n kdg demam (pdhl tmperatur tubuh gak tinggi) + flu.
jdi td dikasi antibotik , vitamin n parasetamok.

Endar Sri Rahayu

Btul smua tman2, itu gejala tipuss, nii saya lg sakit tipuss, smua trasa gak enakk lidah tenggorokan terasa bnar2 pahitt, peruttt sakittt bgt, bawaann mual n muantah, kepala nyut2 sekalii, otot2 mata tegang alias sakit, batuk n fluu, n bwt yg tnya apa bisa dtg lg pnyt tipus, jwbnnya pastinya bisa, saya sndiri otgnya, saya mngidap pnykit ini trkhir x umur 7 thun, skrg saya 19 thn, dy bisa brjngkit lg krna mkan yg gak trtur aplgi gak mkan shgga kuman di usus hlus itu bregenerasi lg n kenak tipus lg deh gue

Endar Sri Rahayu

Btul smua tman2, itu gejala tipuss, nii saya lg sakit tipuss, smua trasa gak enakk lidah tenggorokan terasa bnar2 pahitt, peruttt sakittt bgt, bawaann mual n muantah, kepala nyut2 sekalii, otot2 mata tegang alias sakit, batuk n fluu, n bwt yg tnya apa bisa dtg lg pnyt tipus, jwbnnya pastinya bisa, saya sndiri otgnya, saya mngidap pnykit ini trkhir x umur 7 thun, skrg saya 19 thn, dy bisa brjngkit lg krna mkan yg gak trtur aplgi gak mkan shgga kuman di usus hlus itu bregenerasi lg n kenak tipus lg deh gue

arif hidayat

Ahhhh sering aja konsumsi cacing / ubi ungu insa allah

Chimikofu

Untuk mengatasi kasus tersebut agar sembuh total gimana gan?

Thank's

Jasa Pembuatan toko online

Jangan tunggu parah baru kedokter.
Artikel ini cukup jadi pengetahuan kita biar tidak kebablasan karena terlambat pengobatannya.

yan hadiansyah

Kira" tanpa harus kedokter obat apa yg bagus buat perwatan drmh?

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.