Benarkah Planet Mars Bisa di Huni oleh Makhluk Hidup ?

4
Diposkan oleh Adi Wijaya , in



Benarkah Planet Mars Bisa di Huni oleh Makhluk hidup ?

Pernahkah anda memiliki impian untuk tinggal di luar angkasa??  atau sebuah planet selain bumi?? Mungkin ini bukan hanya impian untuk tinggal  disebuah planet selain bumi. Karena  planet tetangga bumi yaitu mars mulai di lirik sebagai tempat baru selain bumi. Banyak penelitian yang memperkuat bahwa planet mars dapat dihuni manusia.  Penelitian yang sedang berlangsung di tempat-tempat mirip Mars antara lain Antartika dan gurun Atacama di Chile menunjukkan, mikroba dapat berkembang di lingkungan dingin dan kering yang ekstrem, demikian dikatakan beberapa peneliti di konferensi “The Present-Day Habitability of Mars” yang diadakan di University of California Los Angeles bulan ini. Pada konferensi ini, dipresentasikan berbagai hasil penelitian yang berkaitan dengan kemungkinan menempati Planet Mars sebagai habitat baru. Berbagai bukti dan fakta hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi Planet Mars saat ini memungkinkan untuk ditinggali. Fakta lain yang mendukung adalah adalah jenis-jenis mikroba yang mampu hidup pada lingkungan ekstrem yang menyerupai kondisi di Mars. Adalah Chris McKay dari Ames Research Center NASA di Moffett Field, California, yang memberikan contoh yang mendukung hal tersebut.

Ia mencontohkan keberadaan mikroba yang hidup di Gurun Atacama, Amerika Selatan, dan l di Antartika, yang mampu hidup pada kondisi ekstrem dingin dan kering. Mikroorganisme di kedua tempat tersebut mengembangkan mekanisme tertentu untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Organisme yang hidup di lereng kering di Antartika beradaptasi dengan menggali ke dalam batuan, tidak terlalu dalam, tetapi cukup untuk melindunginya dari sinar UV dan tetap memungkinkan untuk melakukan fotosintesis. Dan tidak semua bagian dari permukaan Planet Merah itu kering saat ini, setidaknya tidak selalu. Bukti yang ada menunjukkan bahwa air dapat mengalir secara musiman pada beberapa wilayah Mars yang berpotensi memberikan  kehidupan seperti yang kita ketahui. Bahkan sebuah organisasi nirlaba berencana membentuk koloni penduduk di Planet Mars dan mulai berjalan. Secara khusus, sebuah organisasi nirlaba Mars One berencana meletakkan empat astronot untuk tinggal di planet merah tersebut pada 2023. Untuk memulai proses pembentukan koloni penduduk, organisasi tersebut akan memulai proses perekrutan pada Juli 2013.


Mars One mulai menerima pengiriman video singkat selama satu menit untuk proses seleksi awal dari aplikasi lamaran dan siapapun dapat mengikuti proses perekrutan ini, selama berusia sekitar 18 tahun.
Jika Anda tertarik, Anda harus membuat video tersebut berisi penjelasan mengapa mereka harus memilih Anda sebagai calon astronot.

Namun untuk mencegah orang-orang yang tidak serius dan hanya membuang-buang waktu, organisasi tersebut akan memberlakukan tarif registrasi US$25. Biaya ini juga akan membantu pendanaan rencana ini. Bahkan Mars One memperkirakan dari biaya registrasinya saja mereka akan mendapat tambahan dana jutaan dolar, dengan harapan jutaan aplikasi dari lowongan ini dapat diterima.

Dengan rencana pembentukan koloni, pada Juli 2015 Mars One ingin memiliki 24 astronot yang disusun dalam enam tim yang masing-masing berisi empat orang. Tim tersebut kemudian akan menghadapi pelatihan selama tujuh tahun, termasuk selama tiga bulan dalam replika dari koloni mars. Untuk para astronot yang terpilih, mereka harus siap mengucapkan selamat tinggal pada bumi dan seluruh relasinya di sini selamanya, karena organisasi ini tidak berencana untuk membawa astronot tersebut kembali ke bumi.









Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

4 komentar:

Muhammad Fernanda Raihan Fadlika

masih sayang sma bumiku ({})

Hendra Krisna

Kenapa manusia ingin hidup di Mars?, Planet itu sudah rusak dan lebih rusak daripada planet Bumi. Apakah biaya untuk mengkolonisasi planet lain lebih murah jika dibandingkan dengan memperbaiki dan merawat kembali planet Bumi?
Atau sebenarnya misi berpindah ke planet lain tersebut hanyalah kedok dari sifat dasar manusia yaitu SERAKAH? Semua kembali kepada manusia tersebut. Masih percaya terhadap suara hati atau hanya berdasarkan pikiran dan otak manusia yang hanya sebesar kepalan tangan.

agung Irmansyah

Awas nanti ketemu alien noh :v

porhas nababan

Apakah di planet mars ada air dan buah2n untuk di makan kalau gak ada gimana mau hidup...