Cara Membuat Bakso Daging Sapi Super Enak

7
Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,

Cara Membuat Bakso Daging Sapi Super Enak -


Wah makanan yang satu ini merupakan makanan favorit admin nih,, mau makan berapa banyak pun ga kan bosen , hehe.. apalagi kalo makannya pas dingin2 or pas lg ujan, emmm .. pasti tambah lezato.. akan tetapi seperti kebanyakan orang, belakangan ini admin jadi takut kalo mau makan bakso.. karena banyak kabar dari media, bahwa ditemukan bakso yang mengandung daging bab! ,, hiiii atut.. jangankan makan, ngebayangin aja udah ngeri.. saat mendengar kabar tersebut saya sendiri sempet kesel dan jengkel dengan oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut. Hanya demi keuntungan pribadi hingga merugikan banyak orang. Tapi dari pada akhirnya tidak makan bakso, padahal bakso merupakan makanan favorit. Lebih baik menggunakan cara alternatif, sehingga tetep bisa makan bakso dan pasti halalnya. Ada yang tau dengan cara apa itu ? yups.. caranya dengan membuatnya sendiri.. hehehe ya.. sedikit agak repot sih.. tapi lebih terjamin kehalalnya.. karena kita sendiri yang membuat. Berikut cara membuat bakso daging sapi yang super yahut,,,


Bahan Membuat Bakso


  • 1 kg daging sapi giling
  • 1 ons tepung kanji
  • 6 siung bawang putih
  • 1 senduk makan garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • penyedap rasa secukupnya


Bahan Membuat Kuah Bakso


  • Tulang sapi
  • Air
  • Bawang putih 5 siung, goreng dan haluskan
  • Bawang merah 4 siung, goreng dan haluskan
  • Bawang goreng 1/2 sdm, haluskan
  • gula 2 sdt
  • garam 1 sdm
  • lada 1/2 sdt
  • daun bawang 4 batang, ambil bagian putihnya, iris halus
  • kaldu sapi instan, 2 sdt


Cara Membuat Bakso


  1. Haluskan bawang putih, silahkan tumbuk atau blender.
  2. Campur bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam adonan daging sapi giling, merica, garam, penyedap rasa, sekaligus tepung kanji.
  3. Aduk dan uleni adonan tersebut hingga merata kurang lebih 10 menit
  4. Setelah adonan tercampur rata selanjutnya bentuklah menjadi bulatan-bulatan dengan menggunakan tangan sesuai dengan ukuran yang anda inginkan, usahakan agar ukurannya tidak terllau besar supaya bisa matang secara lebih merata dan cepat. Nah disini saya yakin anda bisa untuk membuat bulatan bakso.
  5. Masukkan bulatan bakso yang anda buat ke dalam air panas, kemudian rebuslah ke dalam air yang mendidih hingga matang. Tanda bakso yang telah matang adalah mengapung di permukaan air yang mendidih. Proses perebusan biasanya memakan waktu 10-15 menit.
  6. Angkat bakso yang telah matang dan tiriskan dalam suhu ruangan.


Cara membuat kuah Bakso


  1. Rebus air bersama tulang dan semua bumbunya sampai mendidih dan tulangnya menjadi matang.
  2. Jika sudah matang, kecilkan apinya dan selanjutnya anda sudah bisa menyajikan bakso bersama kuahnya.

Untuk penyajian, bisa di tambah pelengkap seperti bawang goreng, tahu, seledri, saus, kecap dan lain sebagainya agar lebih terasa enaknya.

Nah.. lebih aman kan jika kita yang membuatnya sendiri, jadi tidak takut lagi bakso yang kita makan mengandung daging bab!. Oke.. semoga postingan kali ini bermanfaat..








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

7 komentar:

saro fudin

mantab ya gan caranya. nyimak aja dulu siapa tahu nanti ada keinginan untuk bikin usaha seperti ini

mampir di www.sarofudin.com ya

DISTRO ONLINE

mantap gann :)

mampir ya http://www.distroonline.org/

tips cara alami

baca artikel ini jadi pengin makan bakso

resepmembuat

udah lama tidak ngerasain lezatnya rasa bakso

Nuridownload.com

nunggu buat aq cobain hehee

Mazaya Muslimah

mantappp jd pengen nyoba bikinn :-D

Asalamu'alaikum,,,Ayoh intip my koleksi

promo bulan ini Order MINIMAL 3pcs DISCOUNT 20% selanjut nya 1pcs pun ttp dapet 20% diantos orderan na,,siapa tw berminat busana muslim kita..

katalog ofline+online ny jg ada,,bisa buat dijual lg..

http://mazayabandung.com/ atau di mazalah ummi,aulia,hatur nuhun (^_^) NUHUN.

Tiket Kapal Karimunjawa

Tiket Kapal Karimunjawa
Tiket Kapal Karimunjawa
Tiket Kapal Karimunjawa