Kandungan dan Manfaat Kentang Bagi Tubuh

3
Diposkan oleh Adi Wijaya on Minggu, 14 April 2013 , in



Solanum tuberosum L adalah tanaman dari suku solanaceae yang memiliki umbi batang dapat dikonsumsi dan di indonesia biasa disebut "kentang". Bagi masayarakat Eropa Umbi kentang diajadikan sebagai makanan pokok. namun awalnya kentang berasal dari Amerika Serikat.  Umbi kentang  di indonseia biasa diolah menjadi berbagai masakan, mulai dari yang paling sederhana yaitu kentang goreng hingga campuran untuk sup. Namun mulai tahun 2010 mulai digalakan kentang sebagai makanan pokok pengganti nasi (beras/padi).  Buah  kentang secara alami rendah kalori dan tidak mengandung sodium, lemak atau kolesterol. Kulit kentang memberikan dosis membantu serat, zat besi, kalium, kalsium, seng, fosfor,vitamin B kompleks, dan banyak lagi. Namun untuk lebih jelasnya berikut adalah rincian kandungan yang ada pada kentang.


Kandungan Kentang

Dalam 100 gr  kentang terdapat :


  • Bagian Kentang yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 85 %
  • Jumlah Kandungan Energi Kentang = 83 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Kentang = 2 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Kentang = 0,1 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Kentang = 19,1 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Kentang = 11 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Kentang = 56 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Kentang = 1 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Kentang = 0 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kentang = 0,11 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Kentang = 17 mg



Manfaat Kentang


1.      Kentang mengandung serat yang cukup tinggi, sejajar dengan roti gandum, sereal, dan pasta. Dengan kandungan serat yang tinggi tersebut, kentang bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Kentang juga sering dilibatkan banyak orang untuk membantu program diet mereka.
2.      Kentang mempunyai banyak khasiat. Di antaranya potassium, vitamin C (sumber kedua selepas oren), membekalkan karbohidrat kompleks dan fiber atau gentian kepada gula darah (blood sugar) dan pengawalan tekanan darah. Ia juga mengandungi vitamin B1, B2 dan B3 serta sedikit kandungan protein dan zat besi.
3.      Kandungan potasium kentang, dua kali lipat dari kandungan potassium dalam pisang dan fiber. Jumlah lemaknya di bawah paras 25%, sehinga dapat menghalang endapan kolesterol di dalam lapisan saluran darah. Kentang cocok bagi yang mengalami kekurangan gula dalam darah.
4.      Kentang merupakan sumber terbaik dalam pembentukan zat besi dalam darah. Menjamin system ketahanan badan, karena kandungan vitamin serta kalsium yang tinggi.
5.      Kentang juga bisa memutihkan dan melembutkan tangan. Ini menunjukkan kentang bukan saja bermanfaat untuk tujuan pengobatan. Kandungan potassium, dan Vitamin C pada kentang sangat cocok untuk untuk perawatan kulit, seperti wajah berminyak dan berjerawat. Bagi kulit berminyak, dua buah kentang dikupas dan diparut. Lalu dioleskan pada wajah hingga rata, biarkan selama 1/2 jam. Bersihkan dengan air dingin bersih. Sementara untuk jerawat, sebuah kentang diiris tipis-tipis, tempelkan ke seluruh wajah. Biarkan sampai kentang menjadi kering dan berwarna keabuan. Bersihkan dengan air bersih dingin.









Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

3 komentar:

indanovita ♀

Keterangan di atas , tambah meyakinkan aku bahwa kentang baik untuk di konsumsi .......
Trima ksih kaka
Count your lifw with smile
God a bless you (>_<)

Anonim

Saya juga sangat suka kosumsi kentang :)

Anonim

Keluarga saya tiap hari makan kentang...he he

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.