Cara Membuat Sambal Tempoyak yang Lezat

3
Diposkan oleh Adi Wijaya , in



Tempoyak Makanan Khas Palembang -
Durian ...pasti sudah tidak asing lagi bagi kita, karena memang durian sudah dianggap sebagai rajanya buah. Namun apa yang anda pikirkan bila mendengar nama tempoyak ?? mungkin ada sebagian orang belum mengetahuinya. Namun untuk orang2 yang mayoritas berada di pulau sumatera pasti tahu, bahkan ada yang sangat doyan dengan namanya tempoyak. Untuk admin sendiri sih walaupun bukan orang sumatera namun karena dari lahir sudah di sumatera jadi admin sangat doyan dengan sambal tempoyak apa lagi di campur dengan sambal mangga.. wow.. jadi ngiler. Terkadang admin suka diledekin karena suka dengan makanan sumatera padahal admin orang  jawa apalagi dengan sambal tempoyak. Soalnya makanan satu ini memang memiliki rasa yang khas yang belum tentu di sukai orang. Mungkin karena admin merasa bukan jawa, sumatera atau apalah itu , admin merasa bahwa admin adalah orang indonesia. Jadi mau itu sumatera, jawa, kalimantan, papua, sulawesi. Dll Kalau masih indonesia pasti admin suka xixixi ^_^ “semangat nasionalisme”. Tapi pasti masih ada yang bertanya-tanya ? apa sih tempoyak itu ? Jadi.. tempoyak itu berasal dari daging buah durian yang di fermentasi. Dan umumnya akan diolah lagi menjadi masakan dan umumnya dimasak dengan cara di sambal. Pengen tau cara pengolahannya ? yuk kita intip..


Bahan Dasar Membuat Tempoyak :


  • ­Buah durian matang
  • ­ Sedikit garam

Cara Membuat Tempoyak :


  • ­ Ambil daging buah durian atau duren, masukan ke dalam guci atau stoples sembari bubuhi garam secukupnya,lalu ditutup rapat.
  • Setelah sekitar satu minggu, buka dan diaduk rata, tempoyak siap digunakan.


Resep Sambal Tempoyak dan Cara Mengolah Tempoyak

BAHAN DAN BUMBU DIHALUSKAN :

  • 4 siung Bawang merah
  • 2 siung Bawang putih
  • Tempoyak durian,secukupnya
  • 3 buah Cabe merah besar
  • Cabe rawit,sesuai selera
  • Gula pasir,secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
CARA MEMBUAT SAMBAL TEMPOYAK PALING ENAK :

  1. Tumis bumbu halus sampai harum.
  2. Tambahkan Tempoyak (seperlunya) tambahkan sedikit gula sebagai pengganti penyedap rasa.
  3. Tumis sebentar(sekitar 2-3 menit). Angkat, sajikan hangat - hangat
Sedikit bocoran,. demi sambel tempoyak, terkadang admin rela maen ke tempat sodara yang sukunya sumatera khususnya palembang. Karena orang palembang sering banget buat sambel tempoyak di rumahnya. Ehmm jadi pengen maen ke tempat sodara ne.. sebab sambel tempoyak jarang sekali di temui di rumah makan di daerah Lampung. Bagi yang mau traktir makan sambel tempoyak pasti admin bakal seneng banget ,,, xixixi “ngerayu”... oke semoga postingan kali ini tidak membuat sobat jadi ngiler.. hehehehe..








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

3 komentar:

umi adam faris

orang seberang pon makan tempoyak ye ;)

tiara priscillia dewi

Kok dk di ulek yo min ? Wkwk

Josaja

Pingin coba resepnya, tapi cari duriannya yang agak susah karena buah musiman.
Jadi ngiler kalo bayangin...