Cara Merawat Wajah Secara Alami



Cara Melakukan Perawatan Wajah Secara Alami
Wajah merupakan bagian kulit paling sensitif dari tubuh. Bagian ini pula yang pertama dilihat orang ketika bertemu. . Wajah yang sehat, cantik dan terawat akan memberikan kesan yang baik pada first impression. Banyak wanita yang sebenarnya cantik, namun karena kurang memahami cara merawat kuulit wajah membuat mereka kurang menarik. Karena biasanya wajah yang bersih akan menimbulkan rasa percaya diri. Banyak cara dilakukan wanita sekarang untuk merawat wajah, namun mereka biasanya melakukan secara instan, mulai dari yang sederhana seperti menggunakan produk kecantikan cream wajah hingga yang paling ekstrim seperti operasi, itu semua dilakukan hanya untuk dapat terlihat cantik tanpa memperdulikan efek samping yang akan dialami. Tak jarang efek yang timbul sangat parah, seperti alergi hingga kanker kulit pada wajah. Namun ada cara alami yang dapat kita lakukan untuk merwat wajah seperti yang dilakukan nenek nenek kita jaman dulu.  

Perawatan Wajah Pertama

sebelum tidur setidaknya wajah kita di gosok-gosok dengan menggunakan irisan tomat atau dengan irisan ketimun. Atau yang lebih bagus lagi ketimun yang diparut dan dicampuri dengan sedikit air kemudian disaring dengan kain tipis. Atau anda bisa memblendernya lalu hasil blender tadi diperas menggunakan kain tipis untuk mengambil air perasannya. Air ketimun tersebut terus disapukan pada kulit muka kita dengan kapas sampai merata. Atau anda bisa menambahkan madu sedikit dengan perasan jeruk nipis dan minyak zaitun agar hasilnya lebih baik lagi.

Paginya saat sudah bangun tidur kita mencari handuk kecil terus kita masukkan air hangat dan diperas sedikit kemudian diusapkan pada wajah yang telah digosok dengan airketimun tadi. Air hangat gunanya untuk menghilangkan dan meluluhkan lemak-lemak pada kulit muka. Yang kedua kita mencari handuk kecil lagi kemudian dimasukkan ke dalam air es. Caranya juga sama handuk tersebut diperas sedikit kemudian diusapkan pada wajah yang telah di sapu dengan air hangat tersebut.  air es atau air dingin berguna untuk merapatkan kembali pori-pori yang tadi terbuka akibat air hangat.


Perawatan Wajah Kedua

Cara perawatan kedua adalah dengan memakai bedak dingin. Bedak dingin sudah terkenal jaman dahulu, terutama oleh gadis-gadis Melayu. Di Kalimantan, khususnya suku Dayak dan Banjar, kebiasaan memakai bedak atau pupur dingin sudah menjadi tradisi.

Bahan untuk membuat pupur dingin :
 

  • Tepung beras 1/4 liter
  • Tepung bengkuang/tepung besusu 1/4 liter
  • Temu giring 1 ons
  • Kancur 1 ons
  • Lempuyang 1 ons
  • Buah pinang 10 buah
  • Adas pala waras 1 sendok makan
  • Akar lara setu 1 ikat kecil
  • Air dingin secukupnya
  • Bibit minyak wangi 10 cc


Cara membuat :

  • Cara mengerjakannya hampir sama dengan cara membuat param yaitu beras dicuci uang bersih terus direndam selama 12 jam kemudian disaring dan disiram dengan air bersih supaya baunya hilang. Kalau sudak kurang lebih satu jam beras tersebut disaring kemudian ditumbuk yang halus dibuat tepung diayak di tambah dengan tepung bengkuang.
  • Bahan temu giring, kencur, lempuyang, dan buah pinang dikupas kulitnya lalu diiris tipis-tipis kemudian dijemur sampai kering.
  • Bahan adas pula waras dan akar lara setu dicuci lalu dijemur.
  • Ramuan pertama dan kedua tadi dicampur jadi satu ditumbuk kemudian diayak.
  • Selanjutnya dicampur dengan air secukupnya dan diremas-remas hingga menjadi adonan yang pekat seperti adonan dalam membuat roti.

Sebenarnya cara merawat wajah tidak susah, hanya tergantung bagaimana cara kita merawatnya dan membersihkannya. Dan bahan bahannya pun tidak perlu mahal karena banyak terdapat disekitar kita.







12 komentar:

Sepatu Sandal Murah Bandung said...

Artikel yang bermanfaat. Makasih.

Kompresor said...

bagus nih, em tapi kalau nggak ada buah pinang gimana ya?

Main Tee said...

semoga bermanfaat untuk para pembaca yaa..

Ayy said...

Cukup sedrhna namun brmanfa.at.

Krim Gamat emas said...

Mantap gan infonya, mohon izin bookmark ya....thank

label barcode said...

semoga bermanfaat terimakasih tipsnyaa...

resep ramuan herbal said...

info menarik dan bermanfaat

Anonymous said...

Makasih infonya, kunjungi juga blog kami tentang kecantikan & perawatan kulit dengan herbal

Kang Obroy said...

terima kasih banyak atas info dan tipsnya !!!
cara mengobati sakit gigi
Obat alami cepat hamil

tips dan Cara said...

merawat wajah sangat mudah dilakukan jika mengetahui bahan alami yang bagus untuk wajah. disertai dengan perwatan yang berkesinambungan dan konsisten.

sari said...

nice info...sekarang dah bnyk org yg beralih ke perawatan natural ya hehe...

Salam kenal,
Natural Hut
www.naturalhut.net

eka said...

banyak yang membahas tentang cara merawat wajah secara alami, tapi gimana cara merawat wajah yang memiliki kulit wajah yang sensitif