Khasiat dan Manfaat Buah Pala

6
Diposkan oleh Adi Wijaya on Rabu, 10 April 2013 , in ,



Kandungan, Khasiat, dan Manfaat Buah Pala -
Buah pala, mengapa para penjajah memperebutkan buah ini?? apakah keistimewaannya?? buah pala (Myristica Fragrans Houtt). Buah yang banyak fungsinya ini bukan hanya digunakan untuk bumbu masak,dan manisan. Namun kandungan kimia buah ini juga banyak dimanfaatkan dalam dunia kesehatan. Buah Pala merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku (asli indonesia). Sejak masa Romawi dulu, buah dan biji pala menjadi komoditi perdagangan yang penting akibat nilainya yang tinggi sebagai rempah-rempah. Tidak heran jika dulu Belanda dan Portugis mendatangi Indonesia karena kekayaan rempah-rempahnya.


Fisiologi Pala

Buah pala berasal dari keluarga Myristicaceae. Pohon berkayu yang tingginya bisa mencapai 15 meter. Jika musim berbuah, pohon ini akan muncul bunga disetiap ujung ranting dan menjadi buah bergerombol berwarna hijau kekuningan. Daging buahnya tebal berwarna keputihan, buah ini berasa getir dan mengandung banyak getah. Setelah daging buah ada fuli, berupa selaput tipis kemerahan yang menyelimuti biji pala.
 

Ada tiga bagian dari buah pala yang bernilai ekonomis tinggi. Pertama daging buah yang berwarna keputihan. Daging buah pala dapat diolah menjadi manisan atau direbus dengan gula menjadi sirup pala yang terkenal lezat dan harum. Berikutnya adalah fuli, sebagian orang menyebutnya dengan bunga pala. fuli banyak digunakan sebagai bumbu masakan atau diekstrak sarinya menjadi bahan baku kosmetika dan parfum. Terakhir Bagian biji yang berwarna kecoklatan, pada bagian ini paling banyak dimanfaatkan. Dihaluskan menjadi beragam bumbu masak , parfum, kosmetik, minyak atsiri, bahan pengawet.

Kandungan Buah Pala


  • Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Buah Pala :
  • Jumlah Kandungan Energi Buah Pala = 42 kkal
  •  Jumlah Kandungan Protein Buah Pala = 0,3 gr
  •  Jumlah Kandungan Lemak Buah Pala = 0,2 gr
  •  Jumlah Kandungan Karbohidrat Buah Pala = 10,9 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Buah Pala = 32 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Buah Pala = 2 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Buah Pala = 29 IU
  •  Jumlah Kandungan Vitamin B1 Buah Pala = 0 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Buah Pala = 22 mg


Dari kandungan tersebut dapat kita lihat betapa banyak manfaat  yang kita peroleh. Buah yang biasa dijadikan manisan ini juga daptat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, seperti :

Manfaat Buah Pala

  • Pereda sakit perut
    Senyawa alami yang terkandung dalam buah pala ini berkhasiat membantu kelancaran saluran pencernaan, tidak heran sejak dulu pala sudah di kenal untuk mengatasi masalah diare, perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya.
  • Obat tidur
    Untuk mengatasi masalah tidur, tuangkan sedikit pala bubuk pada segelas susu hangat.
  • Menghilangkan jerawat dan noda
    Tubuk buah pala sampai halus lalu campurkan dengan susu whole milk , aduk hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pada bagian wajah yang bermasalah, diamkan beberapa menit, lalu bersihkan wajah seperti biasa.
  • Mengatasi rasa mual
    Seduh 1 sdt pala halus dengan ¼ sdt garam halus dalam 1 gelas air hangat. Aduk rata dan minum selagi hangat beserta ampasnya.
  • Meringankan penyakit maag
    Siapkan 100 ml air hangat, Campur dengan 1 sdt pala halus dan 2 sdt bubuk buah pisang batu. Minum beserta ampas selagi hangat. Sebaiknya pengobatan diulang sampai sembuh
  • Menyembuhkan suara parau
    Campur 2 sdm pala jalus dengan 2 sdm jahe parut, 1 sdt cengkeh halus dan 3 tetes minyak kayu putih. campur semua bahan sampai terbentuk adonan menyerupai pasta. Oleskan pada leher seperti memakai masker, biarkan meresap selama 3 jam. Ulangi pengobatan sampai sembuh. Sekian dulu untuk postingan kali ini semoga bermanfaat.








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

6 komentar:

Gigih Kurniawan

Thanks yaa :)

Nifran

Terimakasih atas informasinya,,sangat berarti,bagi aku,,,,,,,,sukses slalu ya, gan,,!!

Zyan Fachruroji

Gw orang Bogor bangga banget broo, lantaran di Bogor bnyk pohon pala dan itu dari jaman koloni. Kalo mau manisan Pala dsb. Datang ajah ke Bogor

Mohd Abbas

di penang ada jgak sehhh...xperlu nk bangga sgt..bersyukur uda memadai

Rima Yunida

kalau konsumsi biji pala gx ada efek samping sama orng yang penyakit darah rendah????

kunbalnya jgn lupa yah >> rima-yunida.blogspot.com

wootekh ciamis

makanya buah pala dulu di incar bpenjajah

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.