Penyebab, Gejala, Pencegahan Serta Pengobatan Penyakit Tifus / Tipes / Typus



Penyebab, Gejala, Pencegahan Serta Pengobatan Penyakit Tifus / Tipes / Typus -
Pernah mengalami sakit yang satu ini ? kalo admin sendiri alhamdulliah belum pernah dan semoga ga akan pernah.. hehe, tapi kerabat maupun sahabat admin banyak yang terserang oleh penyakit yang satu ini.. dan melihat kondisi para penderita tifus admin sangat kasihan, mereka lemas tak berdaya.. ^_^ . namun sebenarnya apa itu penyakit tipes/tifus, apa penyebab bisa terserang tifus, dan bagaimana gejala dan cara penyembuhannya.. untuk itu mari kita kupas tuntas mengenai penyakit yang satu ini.


Tifus dapat mengacu kepada beberapa hal berikut:


  • Demam tifoid, penyakit yang sering ditemukan di Indonesia yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica.
  • PenyakitRickettsia (typhus), penyakit yang disebabkan oleh bakteri genus Rickettsia yang disebarkan oleh kutu.


Demam tifoid, atau typhoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica, khususnya turunannya yaitu Salmonella Typhi. Penyakit ini dapat ditemukan di seluruh dunia, dan disebarkan melalui makanan dan minuman yang telah tercemar oleh tinja.
Penyakit Rickettsia atau tifus adalah berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri familia Rickettsiae. Penyakit ini disebarkan oleh arthropoda, khususnya kutu, tungau, dan caplak. Tiga jenis typhus utama adalah tifus epidemik, tifus endemik, dan tifus belukar. Jenis lain tifus yang juga sering ditemukan adalah penyakit Brill-Zinsser, yang merupakan tifus epidemik yang muncul kembali setelah bertahun-tahun sembuh. Tifus epidemik dan penyakit Brill-Zinsser disebabkan oleh bakteri  

Rickettsia prowazekii. Tifus epidemik disebarkan oleh kutu badan. Tifus endemik disebabkan oleh bakteri Rickettsia typhi, yang disebarkan oleh kutu. Tifus belukar disebabkan oleh bakteri Rickettsia tsutsugamushi (dahulu bernama Orientia tsutsugamushi), dan disebarkan oleh tungau dan caplak. Jenis tifus lainnya antara lain demam berbintik gunung Rocky, Rickettsialpox, demam Boutonneuse, tifus caplak Siberia, tifus caplak Australia, dan demam berbintik Oriental.

Gejala Demam Tifoid


Setelah infeksi terjadi akan muncul satu atau beberapa gejala berikut ini:

  • demam tinggi dari 39° sampai 40 °C (103° sampai 104 °F) yang meningkat secara perlahan
  • tubuh menggigil
  • denyut jantung lemah
  • badan lemah
  • sakit kepala
  • nyeri otot myalgia
  • kehilangan nafsu makan
  • konstipasi
  • sakit perut
  • pada kasus tertentu muncul penyebaran vlek merah muda


Cara Penularan Tipes/Tifus


  • Melalui makanan atau minuman yang sudah tercemar oleh bakteri Salmonella. Pada penderita Tifus, terdapat bakteri samonella pada aliran darah dan usus yang kemudian akan dikeluarkan melalui kotoran.
  • Penderita dapat menularkan penyakit ini apabila penderita meyajikan, dan memasak makanan atau memegang barang-barang yang biasanya digunakan untuk makan tanpa mencuci tangan dengan bersih terlebih dahulu.
  • Bisa juga disebabkan karena air yang diminum atau yang dipakai untuk mencuci pealatan makan seperti piring, gelas dan sebagainya atau mencuci sayur dan buah-buahan sudah tercemar oleh bakteri.


Cara Perawatan Penyakit Tipes/Tipus

Penyakit ini bisa diatasi dengan Antibiotika, seperti ampicillin, kloramfenikol, trimethoprim-sulfamethoxazole, dan ciproloxacin yang sering digunakan untuk merawat demam tipoid di negara-

Dan Admin menyarankan jika ada teman atau kerabat yang terserang penyakit ini, harap segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut dan mengurangi terjadinya kondisi yang lebih parah.

(Referensi : Wikipedia dan berbagai Sumber) 






26 komentar:

Unknown said...

mantab gan..
Kbetulan ane lg nyari2 gejala tipes..

gejala penyakit said...

Makasih infonya mas bro..

taniabelle said...

Kebetulan sudah 3 hari ini saya divonis terkena gejala typus. Sdh bolak balik kedokter tp demam msh naik turun.. Badan rasanya ky abis digebugin orng 1 rt. Perut apalagi,mualnya minta ampun. Dan dibadan jg muncul bintik2 merah Tp gak timbul. Pertanyaan saya, apakah penyakit yg saya alami ini msh sebatas gejala typus atau memang sdh terkena typus? Butuh berapa lama untuk sembuh total? Kalau sdh sembuh apakah ada kemungkinan untuk kambuh lagi??
Mohon penjelasannya. Trimakasih.

Anonymous said...

Bung Admin, artikel anda Cukup bagus tapi, ada satu yg kurang ttg Pencegahannya tidak dijelaskan detil.
Apakah anda membuka sesi tanya jawab? Jika tidak mohon dijelaskan/disarankan kepada penanya sebelumnya.
Terima Kasih

Anonymous said...

that's good......!

mia widianti said...

hmm ternyata gejala nya jarang kita sadari bahwa itu gejala tipes ya

febrigasty said...

Terimakasih atas sajian informasi yang saudara berikan semoga dapat bermanfaat bagi sesama amin, slam sehat,

febrigasty said...

Terimakasih atas sajian informasi yang saudara berikan semoga dapat bermanfaat bagi sesama amin, slam sehat,

Abed Saragih said...

Mas kalau bagian perut panas gitu apa bisa dikatakan gejala tifus mas?

hendiyana gamat gold-g said...

thank atas infonya gan

Anonymous said...

kalo gejala2 tersebut cuma berlangsung selama 1hari apa masih bisa disebut gejala typus atau yg lain??

Anonymous said...

pagi tadi saya coba priksa k dokter, diagnosa awal katanya ISPA, biar gak ragu akhire dicek darah. positif typus 1/320. udah 3 malam n siang sih kdg bdan saya terasa rontok n kdg demam (pdhl tmperatur tubuh gak tinggi) + flu.
jdi td dikasi antibotik , vitamin n parasetamok.

Unknown said...

Btul smua tman2, itu gejala tipuss, nii saya lg sakit tipuss, smua trasa gak enakk lidah tenggorokan terasa bnar2 pahitt, peruttt sakittt bgt, bawaann mual n muantah, kepala nyut2 sekalii, otot2 mata tegang alias sakit, batuk n fluu, n bwt yg tnya apa bisa dtg lg pnyt tipus, jwbnnya pastinya bisa, saya sndiri otgnya, saya mngidap pnykit ini trkhir x umur 7 thun, skrg saya 19 thn, dy bisa brjngkit lg krna mkan yg gak trtur aplgi gak mkan shgga kuman di usus hlus itu bregenerasi lg n kenak tipus lg deh gue

Unknown said...

Btul smua tman2, itu gejala tipuss, nii saya lg sakit tipuss, smua trasa gak enakk lidah tenggorokan terasa bnar2 pahitt, peruttt sakittt bgt, bawaann mual n muantah, kepala nyut2 sekalii, otot2 mata tegang alias sakit, batuk n fluu, n bwt yg tnya apa bisa dtg lg pnyt tipus, jwbnnya pastinya bisa, saya sndiri otgnya, saya mngidap pnykit ini trkhir x umur 7 thun, skrg saya 19 thn, dy bisa brjngkit lg krna mkan yg gak trtur aplgi gak mkan shgga kuman di usus hlus itu bregenerasi lg n kenak tipus lg deh gue

Unknown said...

Ahhhh sering aja konsumsi cacing / ubi ungu insa allah

Chimikofu said...

Untuk mengatasi kasus tersebut agar sembuh total gimana gan?

Thank's

Jasa Pembuatan toko online said...

Jangan tunggu parah baru kedokter.
Artikel ini cukup jadi pengetahuan kita biar tidak kebablasan karena terlambat pengobatannya.

yan hadiansyah said...

Kira" tanpa harus kedokter obat apa yg bagus buat perwatan drmh?

Andrey Amilathu said...

kurang setuju dengan cara perawatan penyakit itu
saya membuka website ini untuk mengetahui lebih lengkap bagai mana penanganannya agar tidak kambuh justru malah bisa sembuh selain opnam ke dokter
terimakasih

D'jeleuk said...

Ooohhh ohhh .. Aku jg di idolain thypus.. Kuruss kering jd'nyaa :'(

Susu Kambing said...

Oh tipes bisa menular juga toh....

Thanks untu infonya gan :)
Sangat membantu......

Iklan Baris Gratis said...

artikelnya kerenn, makasih gan

adelia saharani said...

terimakasih memberi jawaban dari pertanyaan yg ada. buat lagi supaya indonesia lebih pintar

cream pemutih wajah said...

Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

Unknown said...

Untuk mengetahui dgn pasti terkena typoid atau tidak bisa lakukan cek darah. Untuk yg sudah terkena typoid apakah bisa terkena lagi atau tidak. Kemungkinan terkena lagi ada. Tergantung menjaga kebersihan mkanan. Sepengalaman saya

Unknown said...

aku udh ngalamin 2 kali gejala typus,pas pertama si drof bgt,pas yg skrng setelah aku coba ngelawan lemas aku coba ga ditdrn trs,aku coba makan trs,ngehindarin yg pedes,tp alamdulillah skrng mulai membaik tp knp ya setiap minum obat suka munntah,tp pas aku berhenti minum obat ga muntah,hrsnya gmn ya?